ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN DAN MEMPERTAHANKAN JUMLAH PELANGGAN PADA HOTEL DANAU TOBA INTERNASIONAL MEDAN

Authors

  • Kristanty M. N. Nadapdap Universitas Methodist Indonesia

Keywords:

Strategi Pemasaran, Jumlah Pelanggan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran yang dilaksanakan dalam upaya meningkatkan dan mempertahankan jumlah pelanggan dan untuk mengetahui dan menganalisis apakah strategi pemasaran yang dijalankan oleh perusahaan sudah tepat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.

Dari hasil analisis dan pembahasan dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut: Secara serempak (Uji F), faktor produk, harga, promosi, distribusi, person, proses, dan customer service berpengaruh terhadap peningkatan jumlah pelanggan. Secara parsial (uji t) variabel yang berpengaruh signifikan terhadap jumlah pelanggan adalah variabel harga, person, dan proses, sedangkan variabel produk, promosi, distribusi dan customer service berpengaruh tidak signifikan. Selanjutnya variabel yang mempunyai nilai t terbesar dan berpengaruh nyata adalah faktor proses, kemudian diikuti oleh variabel person dan harga. Dengan demikian faktor yang paling dominan mempengaruhi jumlah pelanggan adalah faktor proses, yang kemudian secara berurut diikuti oleh faktor person dan harga. Sedangkan faktor produk, promosi, distribusi, dan customer service bukan merupakan faktor dominan karena pengaruhnya terhadap jumlah pelanggan tidak signifikan.

Published

2015-12-31

Issue

Section

Jurnal Ilmiah METHONOMI