PENGARUH PENEMPATAN DAN INSENTIF KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PTP. NUSANTARA IV (Persero) BAH JAMBI

Authors

  • Anton A. P. Sinaga Universitas Methodist Indonesia

Keywords:

Penempatan, Insentif, Produktivitas Karyawan

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini dapat diidentifikasikan yaitu terjadi ketidakpuasan karyawan disebabkan penempatan yang kurang memuaskan serta penempatan kurang memuaskan disebabkan adanya karyawan yang kurang professional dalam bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penempatan yang diberikan PTP. Nusantara IV (Persero) Bah Jambi kepada karyawannya. Untuk mengetahui tingkat produktivitas karyawan pada PTP. Nusantara IV (Persero) Bah Jambi dan untuk mengetahui pengaruh penempatan terhadap produktivitas karyawan pada PTP. Nusantara IV (Persero) Bah Jambi. Untuk mengetahui gambaran yang jelas bagaimana pengaruh penempatan terhadap produktivitas karyawan pada PTP. Nusantara IV (Persero) Bah Jambi, maka penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan pendekatan kuantitatif.

Hasil analisis dari penelitian ini yaitu diperoleh rata-rata penempatan sebesar 37,96 dengan standar diviasi sebesar 3,095, nilai maksimum sebesar 43 dan nilai minimum sebesar 31 sehingga dapat dikatakan variabel penempatan cukup bervariatif dan menyebar. Rata-rata produktivitas karyawan sebesar 36,61 dengan standar diviasi sebesar 2,645, nilai maksimum sebesar 40 dan nilai minimum sebesar 27 sehingga dapat dikatakan variabel produktivitas karyawan cukup bervariatif dan menyebar. Terdapat pengaruh antara penempatan terhadap produktivitas karyawan. Penempatan merupakan suatu tingkat keunggulan dan merupakan output yang tidak berbentuk dan bermanfaat bagi karyawan dan tingkat tinggi rendahnya ditentukan oleh harapan tersebut.

Diharapkan pihak PTP. Nusantara IV (Persero) Bah Jambi agar dapat lebih meningkatkan lagi penempatannya. Hal ini dilakukan agar karyawan merasa nyaman dan loyal menjadi karyawan perusahaan. Diharapkan pihak perusahaan lebih memperhatikan keluhan-keluhan karyawannya dan dapat menyelesaikan permasalahan dengan baik. Diharapkan kepada pihak perusahaan agar menyediakan kotak saran bagi karyawan tentang keinginan dan harapan karyawan kepada perusahaan.

Published

2015-12-31

Issue

Section

Jurnal Ilmiah METHONOMI