PENERAPAN SWOT SEBAGAI DASAR PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA TBK, KABANJAHE

Authors

  • Sahat Parulian Remus Silalahi Universitas Methodist Indonesia

Keywords:

SWOT, Strategi Pemasaran

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui strategi pemasaran pada PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk, Cabang Kabanjahe dan untuk mengetahui dan menganalisis penerapan SWOT sebagai dasar penentuan strategi pemasaran pada PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk, Cabang Kabanjahe. Jenis data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian pustaka dan penelitian lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif – deduktif.

Dari pembahasan hasil penelitian disimpulkan bahwa kekuatan PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk, Cabang Kabanjahe adalah kemampuan pegawai, gedung megah, persyaratan pinjaman, keterampilan pegawai, hubungan dengan nasabah, jenis produk yang ditawarkan, pencatatan transaksi dengan komputer, bunga kredit relatif rendah, biaya administrasi rendah, citra bank, lokasi bank dekat dengan pusat kota. Kelemahan PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk, Cabang Kabanjahe adalah tempat parkir kurang luas, atm sering bermasalah, persetujuan permohonan kredit lama, bunga simpanan lebih rendah dan promosi kurang gencar. Peluang bagi PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk, Cabang Kabanjahe dengan indikator penelitian adalah pertumbuhan penduduk, jaminan simpanan nasabah dari LPS, kerjasama dengan instansi pemerintah, kerjasama dengan perusahaan swasta, adanya kepercayaan pemerintah untuk menyalurkan kredit usaha mikro, membuka kantor perwakilan, menambah jenis produk dan pendapatan masyarakat tinggi. Ancaman yang dihadapi PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk, Cabang Kabanjahe dengan indikator penelitian adalah masuk bank sejenis, adanya bank perkreditan rakyat, adanya credit union (CU) dan strategi bisnis mudah ditiru pesaing. Dari hasil pembobotan terhadap kekuatan (Strengths), kelemahan (Weaknesses), peluang (Opportunities) dan ancaman (Threats), maka strategi pemasaran yang tepat pada PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk, Cabang Kabanjahe adalah strategi agresif.

Published

2015-12-31

Issue

Section

Jurnal Ilmiah METHONOMI