https://ejurnal.methodist.ac.id/index.php/methonomix/issue/feed Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX 2024-06-25T15:34:25+07:00 Open Journal Systems <p>Jurnal ini diterbikan oleh:<br />Program Studi S1 Manajemen<br />Fakultas Ekonomi - Universitas Methodist Indonesia<br />Jalan Hang Tuah No. 8 Medan, Sumatera Utara 20152</p> https://ejurnal.methodist.ac.id/index.php/methonomix/article/view/2928 Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, Nilai Pelanggan dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian dengan Kedekatan Emosional Sebagai Variabel Mediasi pada Andi Cafe Griya Hotel Medan 2024-06-13T11:37:21+07:00 Helmawati Sitorus helmawatisitorus99@gmail.com Jeudi A. T. P. Sianturi jeudiagustina@gmail.com Mangasa Panjaitan mangasapanjaitan8@gmail.com <p><em>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, Nilai Pelanggan, dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian dengan Kedekatan Emosional sebagai variabel Mediasi pada Andy Café di Griya Hotel Medan. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah rata-rata per hari pengunjung Andy Café Griya Hotel di Medan dengan jumlah pengunjung yang menjadi populasi penelitian ini adalah 60 konsumen orang sehingga seluruh populasi dijadikan sampel. Analisis perangkat lunak yang digunakan adalah WarpPLS versi 8.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan merupakan faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, kualitas pelayanan merupakan faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap kedekatan emosional, kedekatan Emosional yang diduga mampu memediasi secara partial pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian, kedekatan emosional merupakan faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, harga merupakan faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian, promosi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, tidak adanya pengaruh signifikan antara nilai pelanggan terhadap keputusan pembelian, dan word of mouth (WOM) merupakan faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian</em></p> 2024-03-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Helmawati Sitorus, Jeudi A. T. P. Sianturi, Mangasa Panjaitan https://ejurnal.methodist.ac.id/index.php/methonomix/article/view/2938 Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Penjualan terhadap Minat Beli Konsumen pada PT. Pin Develompment Medan 2021 2024-06-13T11:45:23+07:00 Roni Imanuel Marpaung roniemarpaung121997@gmail.com Anton A. P. Sinaga anton.ap.sinaga88@gmail.com Elperida J. Sinurat elperidajsinurat@yahoo.com <p><em>Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh kualitas produk property, dan promosi penjualan terhadap minat beli konsumen pada PT. PIN Development Medan. Waktu penelitian dilaksanakan pada pada tanggal 1 Februari 2021 sampai dengan 30 April 2021. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil 20% dari keseluruhan jumlah populasi. Berdasarkan pendapat diatas maka sampel dalam penelitian ini ditetapkan sebanyak 60 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah uji statistik melalui uji regresi berganda, uji t test, uji f t test , dan koefisien determinasi (R<sup>2</sup> ). Hasil analisis menunjukkan hasil uji simultan dengan uji F diketahui nilai F hitung 36,909 dan nilai Sig. adalah 0,000. Diketahui nilai F hitung 36,909&gt; F tabel 3,158 dan nilai Sig adalah 0,000 &lt; 0,05, maka Kualitas Produk dan Promosi Penjualan secara bersama-sama atau simultan berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Konsumen. Dan hasil uji koefisien determinasi (R-Square) adalah 0,564. Nilai tersebut dapat diartikan variabel Kualitas Produk dan Promosi Penjualanmampu mempengaruhi Minat Beli Konsumensebesar 56,4% sisanya sebesar 100% - 56,4% = 43,6% dijelaskan oleh variabel atau faktor lainnya.</em></p> 2024-03-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Roni Imanuel Marpaung, Anton A. P. Sinaga, Elperida J. Sinurat https://ejurnal.methodist.ac.id/index.php/methonomix/article/view/2972 Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian dengan Promosi Sebagai Variabel Moderasi pada E-Commerce Zalora 2024-06-25T13:42:42+07:00 Yola Yolanda yola.yolanda@mikroskil.ac.id Naca Perangin-Angin naca.peranginangin@mikroskil.ac.id Purnaya Sari Tarigan yola.yolanda@mikroskil.ac.id Anita Tarihoran anita.tarihoran@mikrsokil.ac.id <p><em>The purpose of this research is to determine and analyze the influence of price and product quality on purchasing decisions with promotional capabilities in moderating</em><em> at </em><em>Zalora e-commerce</em> <em>among Mikroskil University students. The sample used non-probability sampling with a purposive sampling approach. Data collection methods were carried out using interviews, questionnaires, documentation and literature study. The data analysis method uses multiple linear regression analysis and regression analysis on moderating variables using the moderated regression analysis (MRA) test method using IBM SPSS version 25 software. The research results simultaneously show that price and product quality variables have a significant effect on purchasing decisions. Partially, the price and product quality variables have a significant effect on purchasing decisions. The results of testing the moderating variable show that the promotion variable is unable to moderate the relationship between price and product quality variables with purchasing decisions.</em></p> 2024-03-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Yola Yolanda, Naca Perangin-Angin, Purnaya Sari Tarigan, Anita Tarihoran https://ejurnal.methodist.ac.id/index.php/methonomix/article/view/2937 Analisis Ratio Likuiditas dan Ratio Solvabilitas untuk Penilaian Kinerja Keuangan pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019 2024-06-25T15:34:25+07:00 Ester Ulihta Barus esterulihta.barus@gmail.com Robinhot Gultom robinhot22@yahoo.com Junika Napitupulu junica.nptu@gmail.com <p><em>Tujuan yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER) terhadap kinerja keuangan yang diproksikan dengan Return On Equity (ROE). Penelitian ini dilakukan pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019 serta dilakukan pada bulan Juni tahun 2021 sampai dengan selesai. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu Rasio Likuiditas yang diproksikan dengan Current Ratio, Rasio Solvabilitas yang diproksikan dengan Debt to Equity Ratio, sedangkan yang menjadi variabel terikat dalam penelitian ini Kinerja Keuangan yang diproksikan dengan Return on Equity. Dengan jumlah populasi sebanyak 28 perusahaan, peneliti menggunakan sampel yang diambil dari populasi tersebut secara Purposive Sampling. Berdasarkan kriteria tersebut terdapat 11 perusahaan yang memenuhi kriteria pemilihan sampel dan dijadikan sampel dalam penelitian tersebut. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Statistik Deskriptif, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linear Berganda, Uji t, Uji F dan Koefisien Determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Current Ratio, berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap Return on Equity dan Debt to Equity Ratio secara parsial tidak berpengaruh terhadap variabel terikat yaitu Return on Equity. Secara simultan dan signifikan antara Current Ratio dan Debt to Equity Ratio memiliki pengaruh terhadap Return on Equity.</em></p> 2024-03-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Ester Ulihta Barus, Robinhot Gultom, Junika Napitupulu