PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERSEDIAAN DALAM PENGELOLAAN, PERSEDIAAN YANG OPTIMAL PADA PT. COCA COLA AMATIL INDONESIA DISTRIBUTION MEDAN

Authors

  • Wesly Andri Simanjuntak Universitas Methodist Indonesia

Keywords:

Sistem Informasi Akuntansi Persediaan, Persediaan Optimal

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan sistem informasi akuntansi persediaan dalam pengelolaan, persediaan yang optimal pada PT. Coca Cola Amatil Indonesia Distribution Medan. Manfaat penelitian adalah memberikan bahan pertimbangan kepada pimpinan perusahaan mengenai penerapan sistem informasi akuntansi persediaan dalam pengelolaan, persediaan yang optimal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Data yang dibutuhkan dikumpulkan melalui teknik dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode deskriptif – deduktif.

Dari pembahasan hasil penelitian, disimpulkan bahwa sistem informasi akuntansi persediaan pada PT. Coca Cola Amatil Indonesia Distribution Medan adalah berbasis komputer dengan menggunakan aplikasi program database. Metode pencatatan persediaan pada PT. Coca Cola Amatil Indonesia Distribution Medan adalah metode fisik (periodik) dengan menghitung fisik persediaan di gudang dan hal tersebut digunakan untuk menghitung harga pokok penjualan. Pengelolaan persediaan pada PT. Coca Cola Amatil Indonesia Distribution Medan belum optimal, karena perusahaan belum menerapkan Economic Order Quantity (EQO) dalam menentukan jumlah pemesanan yang optimal, sehingga perusahaan mengalami kesulitan dalam menentukan kapan pemesanan dilakukan, agar biaya persediaan minimum. Penerapan sistem informasi akuntansi persediaan dan pengelolaan persediaan pada PT. Coca Cola Amatil Indonesia Distribution Medan belum optimal.

Published

2017-06-30

Issue

Section

Jurnal Ilmiah METHONOMI