ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN MOTOR SUZUKI SATRIA FU PADA PT. SUNINDO VARIA MOTOR GEMILANG MEDAN

Authors

  • Esterlina Hutabarat Universitas Methodist Indonesia

Keywords:

Strategi Pemasaran, Peningkatan Penjualan

Abstract

Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan dimana strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan, karena potensi untuk menjual proposisi terbatas pada jumlah orang yang mengetahui hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan Motor Suzuki Satria Fu pada PT. Sunindo Varia Motor Gemilang Medan. Populasi penelitian adalah pelanggan PT. Sunindo Varia Motor Gemilang Medan dengan jumlah 2719 orang dan dengan menggunakan rumus Slovin diperoleh sampel sebanyak 100 orang. Metode penelitian adalah metode kuantitatif dengan analisa regresi.

Hasil penelitian adalah variabel independen (Produk, Harga, Tempat dan Promosi) berpengaruh terhadap variabel dependen (Peningkatan Penjualan) sebesar 92,4. Karena F hitung > F tabel (287.694 > 3,683), artinya ada pengaruh secara signifikan antara Produk, Harga, Tempat dan Promosi secara bersama – sama terhadap Peningkatan Penjualan.

Kesimpulan adalah bahwa strategi pemasaran (Produk, Harga, Tempat dan Promosi) secara parsial maupun secara bersama – sama berpengaruh signifikan terhadap Peningkatan Penjualan. Disarankan agar manajemen PT. Sunindo Varia Motor Gemilang Medan hendaknya lebih mengoptimalkan lagi aspek produk, harga, tempat, promosi. Hal ini dilakukan agar semua aspek tersebut mempunyai pengaruh yang lebih baik lagi sehingga peningkatan penjualan terus meningkat dan diharapkan dapat terus bersaing dengan perusahaan – perusahaan lain. Agar manajemen PT. Sunindo Varia Motor Gemilang Medan hendaknya lebih mengoptimalkan lagi peningkatan penjualan melalui aspek orang, bukti fisik, dan proses, selain aspek – aspek produk, harga, tempat, promosi.

Published

2017-06-30

Issue

Section

Jurnal Ilmiah METHONOMI