SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERTANGGUNG JAWABAN SEBAGAI ALAT BANTU DALAM PENILAIAN KINERJA MANAJEMEN PADA PT. KARYA MURNI PERKASA GROUP

Authors

  • Tri Dharma Sipayung Universitas Methodist Indonesia

Keywords:

Akuntansi Pertanggungjawaban, Pusat Biaya, Kinerja

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat akuntansi pertanggungjawaban telah bermanfaat sebagai alat bantu manajemen dalam penilaian kinerja pusat biaya pada PT. Karya Murni Perkasa Group. Penulis melakukan penelitian di PT. Karya Murni Perkasa Group di Kawasan Industri Medan (KIM) yang berada di jalan Bunaken No 10 KIM-III Medan.

Dalam penelitian ini penulis menggunakan data sekunder,dan metode pengumpulan data yang dipakai penulis yaitupenelitian lapangandanpenelitian pustaka. Dalam perusahaan, informasi akuntansi pertanggungjawaban sangat penting bagi perusahaan karena merupakan suatu proses pengumpulan data dan pencatatan serta penyajian laporan atas transaksi atau pun data keuangan yang telah lalu agar dapat membantu manajemen dalam memperoleh informasi yang berhubungan dengan pendapatan dan biaya melalui laporan yang disajikan sebagai ukuran kegiatan perusahaan yang telah dilaksanakan berdasarkan tanggungjawab yang telah ditetapkan,agar dapat menelusuri penyimpangan-penyimpangan yang terjadi pada anggaran yang telah di buat. Dalam penentuan batas wewenang dan tanggung jawab dalam struktur organisasi juga dapat membantu dalam membuat laporan pertanggungjawaban bagi tiap-tiap bagianya. Setiap pusat biaya bertanggungjawab terhadap biaya yang dikeluarkan tiap departemenpada pusat biaya dapat di ukur dan dinilai berdasarkan anggaran biaya dan realisasinya,dimana di dalam perbandingan tersebut ada yang menguntungkan (favorable) dan tidak menguntungkan (unfavorable)jika dalam penyimpangan ini menguntungkan maka manajer mendapatkan pengahargaan, jika penyimpangan ini tidak ada yang menguntungkan maka manajer akan di berikan teguran dan saran-saran supaya manajer dapat menjalankan tugasnya sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya.

Published

2017-06-30

Issue

Section

Jurnal Ilmiah METHONOMI