ANALISIS SUMBER-SUMBER DAN KEMAMPUAN KEUANGAN DAERAH DALAM MENDUKUNG PELAKSANAAN OTONOMI DAERAH UNTUK MENSEJAHTERAKAN DAERAH DI KABUPATEN DAIRI

Authors

  • Ponti Panggabean Universitas Methodist Indonesia

Keywords:

Pendapatan Asli Daerah (PAD), Indeks Kemampuan Keuangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sumber-sumber dan kemampuan keuangan daerah dalam mendukung pelaksanaan otonomi daerah untuk mensejahterakan daerah di Kabuapten Dairi tahun anggaran 2010-2014. Jenis penelitian adalah Kuantitatif. Dimana, penelitian kuantitif menggunakan beberapa Rasio Keuangan, yaitu: Rasio Kemandirian Keuangan Daerah, Rasio Derajat Desentralisasi Fiskal, Rasio Indeks Kemampuan Rutin, dan Rasio Pertumbuhan, Tipe penelitian adalah Deskriptif dimana akan diuraikan dan dianalisis permasalahan penelitian. Peneliti berusaha memaparkan peristiwa dan kejadian yang menjadi pusat perhatiannya, kemudian peristiwa tersebut dideskripsikan menggunakan Indeks Kemampuan Keuangan sebagai alat analisis.

Hasil penelitian, Rasio Kemandirian keuangan daerah yang memperoleh hasil rata-rata sebesar 5,96% atau berada pada pola hubungan instruktif. Rasio Derajat Desentralisasi Fiskal dan Rasio Indeks Kemampuan Rutin yang menunjukkan kemampuan keuangan daerah masih sangat kurang, yaitu sebesar 5,63% dan 8,38%. Rasio Pertumbuhan, secara keseluruhan mengalami pertumbuhan yang negatif, karena peningkatan pendapatan asli daerah dan total pendapatan daerah tidak diikuti oleh pertumbuhan belanja pembangunan, tetapi diikuti oleh pertumbuhan belanja rutin. Dengan melihat hasil analisis tersebut, sumber-sumber dan kemampuan keuangan daerah dalam mendukung pelaksanaan otonomi daerah untuk mensejahterakan daerah di Kabupaten Dairi dinilai masih kurang.

Published

2017-06-30

Issue

Section

Jurnal Ilmiah METHONOMI