ANALISIS KINERJA PUSKESMAS PARSOBURAN SIANTAR

Authors

  • Tiur Rajagukguk Universitas Methodist Indonesia

Keywords:

Kinerja, Keuangan, Pelayanan

Abstract

Tujuan penelitian adalah sejauhmana kinerja Puskesmas Parsoburan Siantar dalam melaksanakan pelayanannya kepada masyarakat, khususnya dalam hal pelayanan kesehatan.

Hasil analisis penelitian dalam hal kinerja keuangan menunjukkan bahwa, pada tahun 2014/2015 capaian indikator kinerjanya sebesar 119,00 % dan pada tahun 2015 mencapai 111,11 % yang berarti sangat baik. Hasil kinerja pelanggan menunjukkan bahwa, pada tahun 2014/2015 capaian indikator kinerjanya mencapai 126,05 % yang berarti sangat baik, kenaikan tersebut terutama disebabkan meningkatnya jumlah pengunjung yang memanfaatkan dana JPS. Pada tahun 2015 capaian indikator kinerjanya menurun menjadi 83,90 % yang berarti termasuk dalam katagori baik, penurunan tersebut disebabkan menurunnya dana JPS dan jumlah pengunjung yang bayar, karena adanya kenaikan tarif. Hasil dari kinerja proses internal menunjukkan bahwa, pada tahun 2014/2015 capaian indikator kinerjanya sebesar 96,08 % yang berarti termasuk katagori sangat baik dan pada tahun 2015 mencapai 98,25 % berarti termasuk katagori sangat baik. Bila dibandingkan dengan tahun 2014/2015 terdapat peningkatan, hal tersebut disebabkan pada tahun 2015 terdapat penambahan poli baru yaitu poli THT, sehingga pengunjung yang memerlukan jasa layanan THT dapat dilayani di Puskesmas. Hasil dari kinerja pertumbuhan dan pembelajaran menunjukkan bahwa pada tahun 2014/2015 capaian indikator kinerjanya sebesar 81,82 % yang berarti baik, tidak tercapinya target tersebut disebabkan pelatihan kebidanan yang direncanakan 9 orang, hanya dilaksanakan 7 orang. Pada tahun 2015 capaian indikator kinerjanya sebesar 88,89 % yang berarti sangat baik, tidak tercapainya target tersebut disebabkan pelatihan komputer yang direncanakan 2 orang, hanya dilaksanakan 1 orang.

Published

2017-06-30

Issue

Section

Jurnal Ilmiah METHONOMI