ANALISIS PENGARUH LOKASI, KELENGKAPAN PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA CV. SUMBER SEGAR UTAMA
Keywords:
Lokasi, Kelengkapan Produk, Harga, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lokasi,kelengkapan produk, dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen. Peneitian ini dilaksanakan di CV. Sumber Segar Utama Medan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, dan studi pustaka, selanjutnya dari data yang diperoleh dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linear berganda, uji f , uji t, dan uji koefesien determinasi. Dari hasil analisis data menggunakan regresi linear berganda, dapat diperoleh persamaan Y= 0.535 + 0.727x1 + 0.60x2 + 0.840x3. Konstanta bernilai positif artinya hal ini menunjukkan pengaruh positif variabel lokasi(X1), kelengkapan produk(X2), dan harga (X3). Bila variabel independen naik atau berpengaruh dalam satu satuan, maka variabel keputusan pembelian(Y) akan naik atau terpenuhi. Dari analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: faktor lokasi, kelengkapan produk, dan harga secara bersama- sama maupun secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Dan harga merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian.