PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA TELEKOMUNIKASI PADA PT. TELKOM MEDAN

Authors

  • Tiur Rajagukguk Universitas Methodist Indonesia
  • Gita Febriani Universitas Methodist Indonesia
  • Devi Olivia Universitas Methodist Indonesia

Keywords:

Bauran Pemasaran, Keputusan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, harga, promosi dan terhadap keputusan menggunakan jasa telekomunikasi pada PT. Telkom Medan. Metode pengambilan sampel yang digunakan menggunakan rumus Slovin, sehingga diperoleh 44 responden. Variabel bebas pada penelitian ini adalah produk (X1), harga (X2), promosi (X3) dan tempat (Xs), sedangkan variabel terikat adalah keputusan konsumen (Y). Metode analisis data menggunakan uji regresi linier berganda. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian menunjukkan bahwa produk, harga, promosi dan tempat secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa telekomunikasi PT. Telkom. Secara parsial menunjukkan bahwa produk, harga, promosi dan tempat memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa telekomunikasi PT. Telkom. Faktor tempat mempunyai pengaruh yang lebih dominan terhadap keputusan konsumen dibandingkan dengan harga, promosi dan produk. Pengaruh tempat (69,70 %) lebih dominan berperan meningkatkan keputusan konsumen dibandingkan faktor harga (33,10 %), promosi (32,60 %) dan produk (32,20 %).

Published

2016-12-31

Issue

Section

Jurnal Ilmiah METHONOMI