PENGARUH KEBIJAKAN PROMOSI TERHADAP PERUBAHAN VOLUME PENJUALAN PADA CV.ALLAN ARITHA UTAMA KABANJAHE

Authors

  • Rio J. P. Tambunan Universitas Methodist Indonesia
  • Febrinawati Sinuraya Universitas Methodist Indonesia

Keywords:

Promosi, Kebijakan Promosi, Volume Penjualan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kebijakan promosi terhadap volume penjualan pada CV. Allan Aritha Utama Kabanjahe. Promosi merupakan salah satu usaha yang dilakukan perusahaan untuk memperkenalkan barang dan jasa yang dihasilkannya.Suatu barang dan jasa tidak akan menarik perhatian konsumen apabila mereka tidak mengetahui apa kegunaanya,dimana barang dan jasa itu dapat ditemukan,berapa harganya, atau bahkan sama sekali tidak pernah mendengar tentang barang atau jasa tersebut. Oleh sebab itu, perusahaan diharapkan mampu untuk memberi informasi yang jelas kepada konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan observasi langsung dan wawancara terhadap manajer yang berkompeten memberikan keterangan tentang kebijakan promosi yang dilaksanakan perusahaan. Kebijakan tersebut merupakan kebijakan yang sedang dilaksanakan perusahaan dalam meningkatkan realisasi target penjualan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa kebijakan promosi memegang peranan penting untuk meningkatkan volume penjualan. Dengan kata lain semakin gencar dilakukan promosi penjualan, maka akan semakin tinggi pula hasil penjualan yang diperoleh. Kemudian peneliti menyarankan bahwa dalam masalah promosi perusahaan masih harus lebih ditingkatkan lagi proses pengenalan produk yang dipasarkan perusahaan.

Published

2016-12-31

Issue

Section

Jurnal Ilmiah METHONOMI