TINGKAT KESADARAN DAN KEPEDULIAN KONSUMEN TERHADAP ENVIRONMENTAL VALUES YANG MENENTUKAN EFEKTIVITAS GREEN MARKETING

Authors

  • Rintan br. Saragih Universitas Methodist Indonesia

Keywords:

Green Marketing, Green Product, Segmentasi, Targeting, Positioning

Abstract

Kesadaran dunia terhadap lingkungan mulai bergema dan menjadi pusat perhatian seiring adanya perubahan iklim akibat pemanasan global yang membuat cuaca tidak menentu dan banyaknya bencana alam. Salah satu biang utama masalah lingkungan adalah household product yang menyebabkan penumpukan sampah, pembuangan limbah kimia, pemborosan energi listrik dan gas buangan alat elektronik seperti AC dan kulkas turut andil dalam menipiskan lapisan ozon. “Green Marketing” kemudian menjadi alternatif strategi yang tidak hanya membantu image perusahaan tetapi juga memberi nilai terhadap bisnis perusahaan

Masalahnya adalah apakah konsumen kita sudah sepenuhnya sadar lingkungan? Bagaimana kepedulian konsumen terhadap environmental values yang akan menentukan tingkat penerimaan dan efektivitas dari konsep green marketing melalui penentuan atribut-atribut kunci. Atribut-atribut ini yang pada akhirnya memengaruhi nilai dan perilaku konsumen dalam keputusan pembelian konsumen terhadap suatu produk.

Published

2016-06-30

Issue

Section

Jurnal Ilmiah METHONOMI