PENGARUH AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN SEBAGAI ALAT BANTU BAGI MANAJEMEN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA PADA PTPN III MEDAN

Authors

  • Sahala Purba Universitas Methodist Indonesia

Keywords:

Struktur Organisasi, Perencanaan atau Anggaran, Pelaksanaan atau Pengendalian, Pelaporan, Efektivitas Pengendalian Biaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur organisasi, perencanaanatauanggaran, pelaksanaan atau pengendalian dan pelaporan secara parsial dan simultan terhadap efektivitas pengendalian biaya pada PTPN III Medan.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan objek penelitian pada PTPN III Medan.Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan di PTPN III Medan khususnya bagian Akuntansi yang berjumlah 70 orang. Sampel penelitian ini adalah sebagian karyawan di PTPN III Medan bagian akuntansi yaitu sebanyak 50 orang. Data penelitian adalah data primer yang diperoleh secara langsung melalui kuesioner penelitian yang dibagikan kepada responden penelitian.Variabel penelitian ini terdiri dari variable bebas yang terdiri empat variable yaitu struktur organisasi, perencanaan atau anggaran, pelaksanaan atau pengendalian dan pelaporan dan variable dependennya adalah efektivitas pengendalian biaya. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa secara parsial variable struktur organisasi dan pelaksanaan atau pengendalian tidak berpengaruh signifikan terhadap efektivitas pengendalian biaya, sementara perencanaan atau anggaran dan pelaporan berpengaruh signifikan terhadap efektivitas pengendalian biaya. Secara simultan struktur organisasi, perencanaan atau anggaran, pelaksanaan atau pengendalian dan pelaporan berpengaruh secara signifikan terhadap efektivitas pengendalian biaya.

Published

2016-06-30

Issue

Section

Jurnal Ilmiah METHONOMI