ANALISIS MOTIVASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (P4TK) MEDAN

Authors

  • Jon Henri Purba Universitas Methodist Indonesia

Keywords:

Motivasi, Komunikasi, Kinerja Karyawan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisisis sejauh mana pengaruh Motivasi terhadap Kinerja Karyawan pada Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) medan. Responden terbesar ada di antara umur 20–30 tahun, dan berjenis kelamin perempuan, yang telah lama bekerja antara 1 – 5 tahun dan pendidikan terakhirnya adalah tamatan S-1. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kausal yang mengukur hubungan–hubungan antar variabel penelitian dan berguna untuk menganalisis bagaimana suatu variabel mempengaruhi variabel lain. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Dan menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji analisis linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 30 responden sebagai sampel penelitian. Data di proses dengan menggunakan SPSS Versi 19,0 for windows.

Berdasarkan uji-F variabel motivasi (X1) dan variabel komunikasi (X2) secara bersama- sama berpengaruh terhadap kinerja karyawan (Y) pada Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Medan. Berdasarkan persamaan regresi linear berganda Y = 2,477 + 0,660X1 + 0,263X2 variabel motivasi (X1) adalah variabel yang paling mempunyai pengaruh terhadap kinerja karyawan (Y), karena nilai thitung> ttabel yaitu thitung(5,348)> ttabel (2,048) sedangkan komunikasi (X2) tidak mempunyai pengaruh terhadap kinerja karyawan (Y) karena nilai thitung< ttabel , yaitu thitung(2,023 ) < tabel (2,048). Hasil penguji koefisien determinasi R2 adalah sebesar 0,781 hal ini menunjukkan bahwa dimensi dari variabel bebas secara bersama-sama memberikan kontribusi atau sumbangan terhadap perubahan variabel terikat Y sebesar 78,1% dan sisanya sebesar 21,9 % dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak dimasukkan dalam penelitian.

Published

2016-06-30

Issue

Section

Jurnal Ilmiah METHONOMI