PENGARUH BAURAN PROMOSI DAN LOYALITAS PELANGGAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PT. TELKOM KOTA MEDAN

Authors

  • Samuel Christmanto Simanjuntak Universitas Methodist Indonesia
  • Mangasa Panjaitan Universitas Methodist Indonesia
  • Junika Napitupulu Universitas Methodist Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46880/methonomi.Vol6NoSuplemen.pp85-91

Keywords:

Bauran Promosi, Loyalitas Pelanggan, Volume Penjualan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bauran promosi (periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, pemasaran langsung dan personal selling) dalam meningkatkan volume penjualan di PT. Telkom Regional 1 Kota Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Populasi penelitian adalah seluruh pelanggan PT. Telkom Kota Medan. Sampel penelitian diambil sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian pustaka dan penelitian lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji F dan uji t. Hasil uji t, menunjukkan bahwa promosi penjualan, hubungan masyarakat, pemasaran langsung dan loyalitas pelanggan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap volume. Hasil uji F menunjukkan bahwa bauran promosi (periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, pemasaran langsung, personal) dan loyalitas pelanggan berpengaruh signifikan secara simultan terhadap volume penjualan.

Published

2020-12-31

Issue

Section

Jurnal Ilmiah METHONOMI