PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE OPPO PADA PT. WORLD INNOVATIVE TELECOMMUNICATION (OPPO) CABANG KOTA MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.46880/methonomi.Vol6NoSuplemen.pp57-64Keywords:
Citra Merek, Kualitas Produk, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian smartphone OPPO pada PT. World Innovative Telecommnication (OPPO) cabang Kota Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Sampel penelitian diambil sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian pustaka dan penelitian lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji F dan uji t. Variabel citra merek dan kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien regresinya yang bertanda positif. Nilai R Square (R2) sebesar 0,502. Artinya, variabel loyalitas nasabah dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan (bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati) sebesar 50,2% sedangkan 49,8% lagi dijelaskan oleh variabel lainnya. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel citra merek dan kualitas produk berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Hasil uji F menunjukkan bahwa citra merek dan kualitas produk berpengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian.