PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA PT. BANK SUMUT MEDAN CABANG SUKARAMAI

Authors

  • Minar Siregar Universitas Methodist Indonesia
  • Siti Normi Universitas Methodist Indonesia
  • Maludin Panjaitan Universitas Methodist Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46880/methonomi.Vol6NoSuplemen.pp33-38

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Loyalitas Nasabah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Sumut Medan Cabang Sukaramai. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 100 nasabah PT. Bank Sumut Medan Cabang Sukaramai. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan, sedangkan variabel terikat adalah loyalitas nasabah. Analisis data dilakukan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Persamaan regresi Y=- 0.488+0.189X+e, yang mengandung arti bahwa semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan Bank SUMUT Medan Cabang Sukaramai, maka akan semakin mampu meningkatkan loyalitas nasabah. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah, dengan nilai thitung sebesar 11.746 > nilai ttabel 1.984 atau nilai signifikansi sebesar 0.000 < alpha (0.05).

Published

2020-12-31

Issue

Section

Jurnal Ilmiah METHONOMI