PENGARUH PENGGUNAAN SELEBRITI, KOMUNIKASI MULUT KE MULUT, KEPERCAYAAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TOYOTA AVANZA DI AUTO 2000 SISINGAMANGARAJA MEDAN

Authors

  • Heron Sembiring Universitas Methodist Indonesia
  • Mislan Sihite Universitas Methodist Indonesia
  • Tiur Rajagukguk Universitas Methodist Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46880/methonomi.Vol9No2.pp185-197

Keywords:

Penggunaan Selebriti, Komunikasi Mulut Ke Mulut, Kepercayaan, Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Penggunaan Selebriti, Komunikasi Mulut Ke Mulut, Kepercayaan, Kualitas Pelayanan. Terhadap Keputusan Pembelian Toyota Avanza Auto 2000 Sisingamangaraja Medan. Sampel penelitian sebanyak 162 responden. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan selebriti berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. komunikasi mulut ke mulut berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, kepercayaan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil uji hipotesis F dapat disimpulkan bahwa secara simultan penggunaan selebriti komunikasi mulut ke mulut, kepercayaan, dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Toyota Avanza Auto 2000 Sisingamangaraja Medan. Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Toyota Avanza pada  Toyota Avanza Auto 2000 Sisingamangaraja Medan. Berdasarkan analisis koefisien determinasi diperoleh nilai koefisien determinasi atau R-Square sebesar sebesar 0,594 atau sama dengan 59,4% yang menunjukkan keputusan pembelian dipengaruhi oleh varibel penggunaan selebriti, komunikasi mulut ke mulut, kepercayaan, kualitas pelayanan. Sedangkan  variabel-variabel independen lain sebesar 40,6% yang lebih dapat menjelaskan variabel keputusan pembelian (Y) diluar penelitian ini.

Published

2023-12-31

Issue

Section

Jurnal Ilmiah METHONOMI