PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA, KEPERCAYAAN, DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA JASA TRANSPORTASI UMUM
Studi Pada Pelanggan Bus Medan Jaya Di Kota Medan
DOI:
https://doi.org/10.46880/methonomi.Vol9No2.pp156-167Keywords:
Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Kepercayaan, Kualitas Informasi, Kepuasan PelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga, kepercayaan dan kualitas informasi erhadap kepuasan pelanggan PO Medan Jaya. Dalam penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 98 responden. Berdasarkan hasil uji hipotesis t dapat disimpulkan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh persepsi harga. kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dan kualitas indormasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan uji hipotesis F dapat disimpulkan bahwa secara simultan kualitas pelayanan, persepsi harga, kepercayaan, dan kualitas informasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan analisis koefisien determinasi diperoleh nilai koefisien determinasi atau Adjusted R-Square sebesar 0,631 atau sebesar 63,1% pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga, kepercayaan, dan kualitas informasi terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan 36,9% adalah pengaruh dari variabel lain yang tidak ikut serta dalam penelitian ini, promosi dan fasilitas.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dela Aprisa Br Sembiring, Anton A. P. Sinaga, Mangasa Panjaitan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.