PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP
Studi Pada Tamu Grand Maju Hotel Doloksanggul
DOI:
https://doi.org/10.46880/methonomi.Vol9No1.pp87-97Keywords:
Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Lokasi, Keputusan MenginapAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas, dan lokasi terhadap keputusan menginap di grand maju hotel doloksanggul. Metode penetapan sampel dengan menggunakan rumus Slovin sehinggan didapat sampel sebanyak 80 responden. Metode analisis data dengan regresi linier berganda. Hasil penelitian, nilai signifikansi variabel kualitas pelayanan sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel (4,203 > 1,99), maka kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menginap, nilai signifikansi variabel fasilitas sebesar 0,008 < 0,05. Nilai thitung > ttabel (2,718 > 1,99), maka fasilitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan menginap, nilai signifikansi variabel lokasi sebesar 0,000 < 0,05. Nilai thitung > ttabel (2,632 > 1,99), maka lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan menginap, pengujian hipotesis menunjukkan Fhitung > Ftabel, yaitu 22,323 > 2,72 dan nilai signifikansi F 0,000 < 0,05, maka kualitas pelayanan, fasilitas, dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan menginap, analisis koefisien determinasi (Adjusted R Square), variabel kualitas pelayanan, fasilitas, dan lokasi sebesar 44,7%, sedangkan faktor lain diluar penelitian ini yang mempengaruhi keputusan menginap di Grand Maju Hotel Doloksanggul adalah sebesar 55,7%.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dermina Sihite, Sondang N. B. Marbun, Rommel Sitohang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.