PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP

Studi Pada Tamu Grand Maju Hotel Doloksanggul

Authors

  • Dermina Sihite Universitas Methodist Indonesia
  • Sondang N. B. Marbun Universitas Methodist Indonesia
  • Rommel Sitohang Universitas Methodist Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46880/methonomi.Vol9No1.pp87-97

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Lokasi, Keputusan Menginap

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas, dan lokasi terhadap keputusan menginap di grand maju hotel doloksanggul. Metode penetapan sampel dengan menggunakan rumus Slovin sehinggan didapat sampel sebanyak 80 responden. Metode analisis data  dengan regresi linier berganda. Hasil penelitian, nilai signifikansi variabel kualitas pelayanan sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel (4,203 > 1,99), maka kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menginap, nilai signifikansi variabel fasilitas sebesar 0,008 < 0,05. Nilai thitung > ttabel (2,718 > 1,99), maka fasilitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan menginap, nilai signifikansi variabel lokasi sebesar 0,000 < 0,05. Nilai thitung > ttabel (2,632 > 1,99), maka lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan menginap, pengujian hipotesis menunjukkan Fhitung > Ftabel, yaitu 22,323 > 2,72 dan nilai signifikansi F 0,000 < 0,05, maka kualitas pelayanan, fasilitas, dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan menginap, analisis koefisien determinasi  (Adjusted R Square), variabel kualitas pelayanan, fasilitas, dan lokasi sebesar 44,7%, sedangkan faktor lain diluar penelitian ini yang mempengaruhi keputusan menginap  di Grand Maju Hotel Doloksanggul adalah sebesar 55,7%.

Published

2023-06-30

Issue

Section

Jurnal Ilmiah METHONOMI