PENERAPAN SWOT SEBAGAI DASAR PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA TBK KABANJAHE

Authors

  • Rio J. P. Tambunan Universitas Methodist Indonesia
  • Rani Rani Universitas Methodist Indonesia
  • Demi Afriani Universitas Methodist Indonesia
  • Melva Irene Damanik Universitas Methodist Indonesia

Keywords:

SWOT, Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats

Abstract

Analisis SWOT dalam perusahaan mengidentifikasi kekuatan (strengths) dan kelemahan (weaknesses) dari internal, mengkaji peluang (opportunities) dan ancaman (threats) dari luar. Ketika mengkaji kekuatan dan kelemahan internal perusahaan, manajer pemasaran harus memusatkan perhatian pada sumber daya organisasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam menyelesaikan penelitian ini dengan penelitian lapangan dilakukan dengan mengumpulkan data sekunder melalui kuesioner dan teknik dokumentasi berupa pengumpulan data dari objek penelitian berupa data sebelumnya berupa sejarah berdirinya bank, struktur organisasi dan data pendukung lainnya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, adalah dengan Metode deskriptif. Dari hasil pembobotan terhadap kekuatan (Strengths), kelemahan (Weaknesses), peluang (Opportunities) dan ancaman (Threats), maka strategi pemasaran yang tepat pada PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk, Cabang Kabanjahe adalah strategi agresif.

Published

2018-12-31

Issue

Section

Jurnal Ilmiah METHONOMI