ANALISIS HARGA DAN MEREK (BRAND) TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI PT. CARREFOUR INDONESIA PLAZA MEDAN FAIR MEDAN

Authors

  • Mislan Sihite Universitas Methodist Indonesia
  • Suanti Eryani Sinaga Universitas Methodist Indonesia
  • Sabam Muliater Siagian Universitas Methodist Indonesia

Keywords:

Produk, Harga, Layanan Konsumen, Loyalitas Konsumen

Abstract

Dalam memasarkan suatu barang atau jasa, setiap perusahaan harus menetapkan harganya secara tepat. Harga mempengaruhi tingkat penjualan, tingkat keuntungan, serta share pasar yang dicapai perusahaan, dikenal dengan istilah “value for money”, “best value”, dan “you get what you pay for”. Citra merek adalah seperangkat asosiasi unik yang ingin diciptakan atau dipelihara para pemasar, dimana Asosiasi-asosiasi itu menyatakan apa sesungguhnya merek dan apa yang dijanjikannya kepada konsumen. Dengan citra merek yang positif, konsumen akan tertarik mempertahankan konsumsinya. Konsumen tersebut akan memiliki gambaran persepsi yang positif pada merek itu sendiri. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan metode pengumpulan data yang dilakukan dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik analisis data deskriptif. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda untuk mengetahui kekuatan hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat. Variabel Harga (X1) berpengaruh positif terhadap Minat Beli Konsumen (Y), dan Variabel Merek (X2) berpengaruh positif terhadap Minat Beli Konsumen (Y).

Published

2018-12-31

Issue

Section

Jurnal Ilmiah METHONOMI