ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KETENAGAKERJAAN CABANG MEDAN

Authors

  • Elperida J. Sinurat Universitas Methodist Indonesia

Keywords:

Produk, Harga, Promosi, Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi pemasaran pelayanan jasa berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Cabang Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Medan yang berjumlah 465 perusahaan dengan sampel 82 perusahaan. Pengumpulan data dengan metode angket, wawancara, studi dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil pengujian hipotesis secara simultan diperoleh bahwa produk, harga, promosi, lokasi, orang, proses, dan pelayanan secara simultan (serempak) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kontribusi variabel produk, harga, promosi, lokasi, orang, proses, dan pelayanan mampu mempengaruhi variabel kepuasan konsumen sebesar 72.4%, sementara 27.6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan kedalam penelitian ini.

Published

2018-06-30

Issue

Section

Jurnal Ilmiah METHONOMI