EFEK E-WOM TERHADAP EVALUASI MEREK SAMSUNG DI KOTA MEDAN DENGAN KETERIKATAN DAN KREDIBILITAS MEREK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Authors

  • Romindo M. Pasaribu Universitas HKBP Nommensen
  • Andri Silalahi Universitas Methodist Indonesia

Keywords:

E-wom, Merek, Evaluasi Merek, Kredibilitas Merek, Keterikatan Merek

Abstract

Electronic Word of Mouth (E-WOM) memiliki potensi yang sangat besar dan penting sebagai media marketing saat ini bagi perusahaan. Aktifitas E-WOM lebih mudah untuk dilacak dan diketahui. E-WOM berbeda dengan WOM yang terjadi di dunia nyata yang sifatnya alami dan sangat sulit untuk diketahui sumbernya secara nyata dan seringkali tidak dapat dipertanggungjawabkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh E-WOM terhadap evaluasi merek, dengan keterikatan merek dan kredibilitas merek sebagai variabel mediasi. Populasi dalam penelitian adalah masyarakat Kota Medan yang menggunakan telepon genggam pintar (smartphone) dengan merek Samsung. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM), terutama Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini adalah Electronic Word of Mouth memiliki pengaruh langsung dan tidak langsung terhadap evaluasi merek melalui keterikatan merek dan kredibilitas merek sebagai variabel intervening. Hasil, pembahasan dan implikasi akan dijelaskan pada bagian akhir artikel ini.

Published

2018-06-30

Issue

Section

Jurnal Ilmiah METHONOMI