PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA BPJS KETENAGAKERJAAN CABANG MEDAN

Authors

  • Tiur Rajagukguk Universitas Methodist Indonesia
  • Hendrik Cengkiawan Universitas Methodist Indonesia
  • Nola Manalu Universitas Methodist Indonesia

Keywords:

Produk, Promosi, Layanan Konsumen, Loyalitas Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan tentang untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran yang meliputi produk, tempat, promosi, harga, orang, proses dan layanan konsumen terhadap loyalitas konsumen BPJS Ketenagakerjaan Cabang Medan. Penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara, dan studi dokumentasi dalam metode pengumpulan data yang dibutuhkan untuk mendukung penelitian ini. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda untuk mengetahui seberapa besar peran variable bebasantara lain produk, tempat, promosi, harga, orang, proses dan layanan konsumen terhadap loyalitas konsumen. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa lima variabel bebas yaitu variabel Produk, Harga, Tempat, Proses, dan Layanan Konsumen memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel loyalitas konsumen, sedangkan variabel promosi tidak memiliki pengaruh dan tidak signifikan terhadap variabel loyalitas konsumen dan variabel orang tidak memiliki pengaruh dan signifikan terhadap variabel loyalitas konsumen. Pengujian secara simultan diperoleh kesimpulan bahwa Produk, Harga, Promosi, Tempat, Orang, Proses, dan Layanan Konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen. Berdasarkan hasil Pengujian Koefisien Determinasi diperoleh nilai R-Square sebesar 0.817. Hasil tersebut menunjukkan bahwa variabel Produk, Harga, Promosi, Tempat, Orang, Proses, dan Layanan Konsumen mampu mempengaruhi variabel loyalitas konsumen sebesar 81.7%. sementara 18.3% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.

Published

2017-12-31

Issue

Section

Jurnal Ilmiah METHONOMI