ANALISIS FAKTOR PENDORONG PEMASARAN EKSPOR DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA II (PERSERO) MEDAN

Authors

  • Henri Saragih Universitas Methodist Indonesia

Keywords:

Faktor Pendorong Pemasaran Ekspor, Volume Penjualan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pendorong pemasaran ekspor khususnya tembakau pada PT. Perkebunan Nusantara II (Persero) Medan dalam meningkatkan volume penjualan. Pada masa sekarang ini dalam meningkatkan volume penjualan serta melancarkan operasi perusahaan dalam mengekspor suatu produk haruslah menetapkan satu kebijakan pemasaran yang baik dan harus memperhatikan strategi pemasarannya demi kelangsungan hidup perusahaan.

Salah satu faktor yang sangat penting dalam aktivitas perusahaan untuk mengekspor produknya adalah pencapaian penjualan yang maksimal dengan memperhatikan strategi pemasarannya yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor pendorong pemasaran ekspor tembakau pada PT. Perkebunan Nusantara II (Persero) Medan dapat mempengaruhi volume penjualan selama tahun 2010-2012. PT. Perkebunan Nusantara II (Persero) Medan sebagai objek penelitian dan pembahasan, sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan kuantitatif dengan alat uji analisis regresi linier sederhana.

PT. Perkebunan Nusantara II (Persero) Medan adalah perusahaan yang menghasilkan komiditi Kelapa sawit (CPO), Karet, Kakao, Tembakau, Gula dan daerah pemasaran yang utama dari perusahaan ini adalah luar negeri ataupun ekspor. Data volume penjualan tembakau pada PT. Perkebunan Nusantara II (Persero) Medan menunjukkan bahwa pada tahun 2010-2012 terjadi peningkatan setiap tahunnya, hal ini disebabkan karena sistem pemasaran dan penjualannya keluar negeri ataupun ekspornya sudah lebih mudah karena telah dilakukan di Sumatera Utara. Berdasarkan data yang penulis teliti pada PT. Perkebunan Nusantara II (Persero) Medan dapat diambil kesimpulan bahwa volume penjualan sangat dipengaruhi oleh faktor pendorong pemasaran ekspor.

Published

2017-12-31

Issue

Section

Jurnal Ilmiah METHONOMI