PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PT. HIMAWAN PUTRA MEDAN

Authors

  • Elperida J. Sinurat Universitas Methodist Indonesia

Keywords:

Gaya Kepemimpinan, Kepuasan Kerja

Abstract

Kepuasan kerja harus dapat ditingkatkan oleh perusahaan agar prestasi kerja karyawan dapat meningkat. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi peningkatan kepuasan kerja adalah gaya pemimpin. Gaya kepemimpinan seorang pemimpin akan mendorong semangat kerja, kreativitas dan kepuasan kerja. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kepuasan kerja pada PT. Himawan Putra Medan.

Penelitian dilakukan pada PT. Himawan Putra Medan dengan populasi adalah seluruh karyawan PT. Himawan Putra Medan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, studi dokumentasi dan wawancara. Teknik analisa data yaitu dengan uji validitas, uji reliabilitas, metode regresi linear, uji t dan koefisien determinasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis H0 ditolak dan hipotesis H1 diterima artinya gaya kepemimpinan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja pada PT. Himawan Putra Medan. Hal ini dapat dilihat dari uji t yang menunjukkan bahwa nilai t-hitung variabel gaya kepemimpinan 17,741 > nilai t-tabel 1,98. Koefisien regresi ini menunjukkan bahwa setiap kenaikan gaya kepemimpinan sebesar 1 satuan, maka perubahan kepuasan kerja yang dilihat dari nilai Y akan bertambah sebesar 0,987 satuan dengan asumsi variabel lain dianggap tetap. Dengan demikian, secara parsial gaya kepemimpinan berpengaruh positif dengan tingkat pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja pada PT. Himawan Putra Medan. Berdasarkan uji determinan, nilai koefisien determinasi sebesar 0,742. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan variabel gaya kepemimpinan (X) menjelaskan pengaruhnya terhadap variabel kepuasan kerja (Y) pada PT. Himawan Putra Medan sebesar 74,2%. Sedangkan sisanya sebesar 25,8% merupakan pengaruh dari variabel bebas lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Published

2017-12-31

Issue

Section

Jurnal Ilmiah METHONOMI