PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN KOMPETENSI KARYAWAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADAPT. PLN (PERSERO) UNIT INDUK PEMBANGUNAN II MEDAN

Authors

  • Siti Normi Universitas Methodist Indonesia

Keywords:

Komitmen Organisasi, Kompetensi Karyawan, Kinerja Karyawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh komitmen organisasi dan kompetensi karyawan terhadap kinerja karyawan pada PT. PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan II Medan. Penelitian ini menggunakan 2 variabel independen yaitu komitmen organisasi dan kompetensi karyawan terhadap kinerja karyawan.Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis linier berganda, uji t, uji F serta koefisien determinasi. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Jumlah sampel dalam penelitian ini 70 orang. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS 20.0 for Windows.

Hasil uji regresi linier berganda maka dapat disimpulkan bahwa variabel kompetensi karyawan adalah variabel yang paling berpengaruh terhadap kinerja karyawan, dimana nilai koefisiennya sebesar 0,815. Berdasarkan hasil uji t yang telah dilaksanakan diperoleh hasil bahwa variabel komitmen organisasi dan kompetensi karyawan memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kinerja karyawan. Dari hasil tersebut maka diperoleh kesimpulan bahwa seluruh hipotesis alternatif diterima. Berdasarkan hasil uji F diperoleh nilai F hitung 125,812 dengan tingkat signifikansi 0,000, sedangkan nilai F tabel pada alpha 5% adalah 2,50. Oleh karena itu F hitung > F tabel dan tingkat signifikansinya 0,000 < 0,05 menunjukan bahwa komitmen organisasi dan kompetensi karyawan secara bersama-sama adalah positif dan signifikan berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi diperoleh hasil bahwa kontribusi nilai komitmen organisasi dan kompetensi karyawan adalah 79% sementara 21% adalah kontribusi variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Published

2017-12-31

Issue

Section

Jurnal Ilmiah METHONOMI