PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI PENJUALAN, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR PADA PT. ALFA SCORPII YAMAHA KEBUN LADA BINJAI

Authors

  • Amelya Nathacya Br. Sitepu Universitas Methodist Indonesia
  • Henri Saragih Universitas Methodist Indonesia
  • Mangasa Panjaitan Universitas Methodist Indonesia

Keywords:

Kualitas Produk, Promosi Penjualan, Citra Merek, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Penjualan Dan Citra Merk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Pada PT. Alfa Scorpii Yamaha Kebun Lada Binjai. Jenis penelitian ini adalah metode penelitian asosiatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan tetap sepeda motor Yamaha pada PT. Alfa Scorpii Kebun Lada Binjai yang telah melakukan pembelian sepeda motor Yamaha secara berulang sehingga dapatĀ  dianggap telah memahami produk Yamaha. Dan penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh sebanyak 95 responden. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh secara simultan variabel kualitas produk, promosi penjualan, dan citra merek terhadap keputusan pembelian Sepeda Motor Pada PT. Alfa Scorpii Yamaha Kebun Lada Binjai. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh secara parsial variabel kualitas produk, promosi penjualan, dan citra merek terhadap keputusan pembelian. Hal ini dapat diartikan, jika kualitas produk, promosi penjualan, dan citra merk meningkat secara parsial, maka keputusan pembelian akan mengalami peningkatan dimana jika variabel kualitas produk meningkat secara parsial, maka variabel keputusan pembelian mengalami peningkatan sebesar 5,485 dengan nilai signifikan sebesar 0,000, variabel promosi penjualan meningkat secara parsial, maka variabel keputusan pembelian mengalami peningkatan sebesar 4,559 dengan nilai signifikan sebesar 0,000, dan variabel citra merk meningkat secara parsial, maka variabel keputusan pembelian mengalami peningkatan sebesar 3,086 dengan nilai signifikan sebesar 0,003.

Published

2023-05-31

Issue

Section

Jurnal Manajemen dan Bisnis METHOFEMA