PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN INDOMIE

Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia

Authors

  • Septa Gabriella Tamba Universitas Methodist Indonesia
  • Henri Saragih Universitas Methodist Indonesia
  • Jon Henri Purba Universitas Methodist Indonesia

Keywords:

Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian indomie pada mahasiswa program studi fakultas ekonomi universitas Methodist Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey. Pemilihan sampel ini menggunakan nonprobability sampling dengan teknik accidental sampling dari 1113 populasi di peroleh 92 sampel pada penelitian ini. Variabel Independen pada penelitian ini adalah harga dan kualitas produk dan variabel d ependen yang digunakan adalah keputusan pembelian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga memiliki pengaruh positif yang signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung sebesar 3,496> ttabel sebesar 1,987 dengan nilai signifikansi (0,001< α (0.05). kualitas produk memiliki pengaruh positif yang signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan nilai nilai thitung sebesar 2,666> ttabel sebesar 1,987 dengan nilai signifikansi (0,009< α (0.05). Hasil pengujian hipotesis secara simultan (uji F) diperoleh bahwa harga dan kualitas produk secara bersama-sama berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian indomie dengan nilain Fhitung sebesar 23,583> nilai Ftabel sebesar 3,100 atau nilai signifikansi (0,00) < α (0.05).

Published

2023-05-31

Issue

Section

Jurnal Manajemen dan Bisnis METHOFEMA