PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PADA PT ALTRAK 1978 MEDAN

Authors

  • Viola Kristin Br. Ginting Universitas Methodist Indonesia
  • Sahat P. Remus Silalahi Universitas Methodist Indonesia
  • Mangasa Panjaitan Universitas Methodist Indonesia

Keywords:

Segmentasi, Targeting, Positioning, Peningkatan Penjualan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Meningkatkan Penjualan. Variabel terdiri dari variabel independen (X), yaitu : Segmentasi (X1), Targeting (X2), dan Positioning (X3) dan variabel dependen (Y) adalah Peningkatan Penjualan. Metode analisis data Regresi Linier Berganda. Responden sebanyak 99 orang orang, ditetapkan dengan non- probability sampling dengan Teknik purposive sampling. Secara parsial, Segmentasi pasar tidak berpengaruh signifikan secara positif terhadap peningkatan penjualan dengan nilai koefisien regesi sebesar 0,147 dan nilai signifikan variabel segmentasi pasar sebesar 0,102 > 0,05 dan nilai thitung < ttabel (1.650) < (1.985). Targeting berpengaruh signifikan secara positif terhadap peningkatan penjualan dengan nilai koefisien regesi sebesar 0,374 dan nilai signifikan variabel Targeting sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel (7.887) > (1.985). Positioning berpengaruh signifikan secara positif terhadap peningkatan penjualan dengan nilai koefisien regesi sebesar 0,225 dan nilai signifikan variabel Positioning sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel (3.529) > (1.985). Nilai thitung < ttabel (0,473 < 1.985) dan secara simultan strategi pemasaran yang diukur dengan Segmentasi, Targeting, dan Positioning mempengaruhi Peningkatan Penjualan pada PT Altrak 1978 Medan dimana nilai Fhitung < Ftabel, yaitu 29,627 > 270 dan nilai signifikansi F 0,000 < 0,05.

Published

2023-05-31

Issue

Section

Jurnal Manajemen dan Bisnis METHOFEMA