PENGARUH LOKASI, HARGA, DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP DI HOTEL OYO 559 3 BRASTAGI, KABUPATEN KARO

Authors

  • Junior Ishadi Bangun Universitas Methodist Indonesia
  • Siti Normi Universitas Methodist Indonesia
  • Selamat Siregar Universitas Methodist Indonesia
  • Sahat P. Remus Silalahi Universitas Methodist Indonesia

Keywords:

Lokasi, Harga, Kepercayaan Konsumen, Keputusan Menginap

Abstract

      Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Lokasi, Harga, dan kepercayaan konsumen terhadap Keputusan Menginap di Hotel OYO 5539 Berastagi. Metode penetapan sampel dengan menggunakan rumus Slovin sehinggan didapat sampel sebanyak 99 responden. Metode analisis data  dengan regresi linier berganda. Hasil penelitian, nilai signifikansi variabel Lokasi sebesar 0,000 <0,05 dan nilai thitung > ttabel (5,441 > 1,98), maka lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan menginap, nilai signifikansi variabel harga sebesar 0,000 < 0,05. Nilai thitung > ttabel (3,451 > 1,98), maka harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan menginap, nilai signifikansi variabel kepercayaan konsumen sebesar 0,000 < 0,05. Nilai thitung > ttabel (3,650 > 1,98), maka kepercayaan konsumen berpengaruh signifikan terhadap keputusan menginap, pengujian hipotesis menunjukkan Fhitung > Ftabel, yaitu 34,764 > 2,70 dan nilai signifikansi F 0,000 < 0,05, maka Lokasi, Harga, dan kepercayaan konsumen berpengaruh signifikan terhadap keputusan menginap, analisis koefisien determinasi  (Adjusted R Square), variabel Lokasi, Harga, dan kepercayaan konsumen sebesar 50,8%, sedangkan faktor lain diluar penelitian ini yang mempengaruhi keputusan menginap  di di Hotel OYO 5539 Berastagi adalah sebesar 49,2%.

Published

2023-05-31

Issue

Section

Jurnal Manajemen dan Bisnis METHOFEMA