PERANCANGAN INTERFACE APLIKASI INFORMASI RUANG KELAS KOSONG BERBASIS MOBILE DENGAN METODE USER-CENTERED DESIGN (UCD)

Authors

  • Okti Felina Angreini Universitas Muhammadiyah bengkulu
  • Fitriah

Keywords:

Application, Academic Information System, User Experience, User-Centered Design.

Abstract

Perkembangan teknologi informasi di lingkungan pendidikan tinggi menuntut efisiensi dalam pengelolaan sumber daya akademik, termasuk penyediaan informasi ruang kelas kosong. Mahasiswa dan dosen sering mengalami kesulitan dalam mencari ruang yang tersedia karena sistem manual dan antarmuka yang tidak ramah pengguna. Penelitian ini bertujuan merancang antarmuka aplikasi informasi ruang kelas kosong berbasis web dengan pendekatan User-Centered Design (UCD) untuk meningkatkan User Experience (UX). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan observasi dan wawancara terhadap calon pengguna guna memahami kebutuhan, ekspektasi, dan konteks penggunaan aplikasi. Hasil dari perancangan ini berupa prototipe antarmuka aplikasi yang terdiri dari tampilan splash screen, login, halaman utama, serta profil pengguna. Desain ini menitikberatkan pada kemudahan navigasi, kejelasan informasi, dan keterlibatan pengguna dalam seluruh proses perancangan. Dengan menerapkan metode UCD, aplikasi diharapkan dapat memberikan solusi efektif terhadap permasalahan pencarian ruang kelas yang kosong secara real-time.

Kata kunci- Aplikasi, Sistem Informasi Akademik, User Experience, User-Centered Design

References

W. S. L. Nasution and P. Nusa, “UI/UX Design Web-Based Learning Application Using Design Thinking Method,” ARRUS J. Eng. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 18–27, 2021, doi: 10.35877/jetech532.

T. Zahara and T. Widodo, “Development of Cashier Applications at Cantik Stores Using Mobile-Based User Centered Design ( UCD ) Pengembangan Aplikasi Kasir pada Toko Cantik Menggunakan User Centered Design ( UCD ) Berbasis Mobile,” vol. 5, no. January, pp. 190–197, 2025.

N. A. Firdaus, A. L. Pratiwi, M. I. Saputra, and A. S. Fitri, “Perancangan Desain User Interface E-Posyandu Melati 2 Berbasis Mobile Melalui Metode User Centered Design ( UCD ),” vol. 4, pp. 3713–3722, 2024.

A. Y. Kurniawan, “Rancangan Ui/Ux Pada Game Belajar Aksara Lampung Bersama Muli (Studi Kasus : Sekolah Dasar Swadhipa Natar),” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 3, no. 3, pp. 266–277, 2022, doi: 10.33365/jatika.v3i3.2033.

Y. Indah Hasari, A. Febriansyah, and Z. Septia Anzana, “Penerapan Metode User Centered Desain Pada Perancangan Interface Aplikasi Pemesanan Dan Pembayaran Tiket Bioskop Berbasis Mobile,” J. Siliwangi Seri Sains dan Teknol., vol. 8, no. 2, pp. 2–8, 2022, doi: 10.37058/jssainstek.v8i2.6254.

N. R. Wiwesa, “User Interface Dan User Experience Untuk Mengelola Kepuasan Pelanggan,” J. Sos. Hum. Terap., vol. 3, no. 2, pp. 17–31, 2021, [Online]. Available: https://scholarhub.ui.ac.id/jsht/vol3/iss2/2

G. I. Marthasari, F. N. Praadita, and B. S. Wiyono, “APLIKASI METODE LEAN USER EXPERIENCE DAN SYSTEM USABILITY SCALE PADA ANALISIS , PERANCANGAN , DAN EVALUASI ANTARMUKA APPLYING LEAN USER EXPERIENCE AND SYSTEM USABILITY SCALE METHOD TO ANALYZE , DESIGN , AND EVALUATE A MOBILE APPLICATION,” vol. 12, no. 2, pp. 263–274, 2025, doi: 10.25126/jtiik2025125762.

S. Setiawansyah, Q. J. Adrian, and R. N. Devija, “Penerapan Sistem Informasi Administrasi Perpustakaan Menggunakan Model Desain User Experience,” J. Manaj. Inform., vol. 11, no. 1, pp. 24–36, 2021, doi: 10.34010/jamika.v11i1.3710.

T. Kamilia, S. F. Ana Wati, and D. S. Yudha Kartika, “Think Aloud Dan Heuristic Evaluation Metode Evaluasi Aplikasi Rsba Untuk Perancangan Ulang Ui/Ux Menggunakan Ucd,” J. Inform. dan Tek. Elektro Terap., vol. 12, no. 3, 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i3.5027.

D. Karlina and D. R. Indah, “Perancangan User Interface dan User Experience Sistem Informasi E-learning Menggunakan Design Thinking,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 8, no. 3, pp. 580–596, 2022, doi: 10.28932/jutisi.v8i3.5412.

M. S. Hartawan, “Penerapan User Centered Design (Ucd) Pada Wireframe Desain User Interface Dan User Experience Aplikasi Sinopsis Film,” Jeis J. Elektro Dan Inform. Swadharma, vol. 2, no. 1, pp. 43–47, 2022, doi: 10.56486/jeis.vol2no1.161.

A. R. Novianto and S. Rani, “Pengembangan Desain UI/UX Aplikasi Learning Management System dengan Pendekatan User Centered Design,” J. Sains, Nalar, dan Apl. Teknol. Inf., vol. 2, no. 1, 2022, doi: 10.20885/snati.v2i1.16.

M. H. Hamdanuddinsyah, M. Hanafi, and P. Sukmasetya, “Perancangan UI/UX Aplikasi Buku Online Mizanstore Berbasis Mobile Menggunakan User Centered Design,” J. Inf. Syst. Res., vol. 4, no. 4, pp. 1464–1475, 2023, doi: 10.47065/josh.v4i4.3850.

Y. A. Nugroho and M. F. Pratama, “Perancangan Mobile Application Alat Pantau Kualitas Air Kolam Berbasis Internet of Things,” Tekinfo, vol. 9, no. 1, pp. 47–55, 2020, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/profile/Yohanes-Nugroho-4/publication/351080088_Perancangan_Mobile_Application_Alat_Pantau_Kualitas_Air_Kolam_Berbasis_Internet_of_Things/links/6083a7e32fb9097c0c05f303/Perancangan-Mobile-Application-Alat-Pantau-Kualitas-Air-K

B. Fadillah, “PERANCANGAN PEMANTAUAN BANJIR REALTIME BERBASIS INTERNET OF THING MENGUNAKAN ESP 32 TERINTERGRASI THINGSPEAK DAN,” vol. 9, no. 2, pp. 3035–3041, 2025.

Tri Sulistyorini, Nelly Sofi, and Erma Sova, “Pemanfaatan Nodemcu Esp8266 Berbasis Android (Blynk) Sebagai Alat Alat Mematikan Dan Menghidupkan Lampu,” J. Ilm. Tek., vol. 1, no. 3, pp. 40–53, 2022, doi: 10.56127/juit.v1i3.334.

M. Irfan, D. Mirwansyah, and K. Az Zahro, “Perancangan Sistem Informasi Monitoring Akademik Dengan Menggunakan Data Flow Diagram,” J. Locus Penelit. dan Pengabdi., vol. 2, no. 12, pp. 1201–1207, 2024, doi: 10.58344/locus.v2i12.2352.

F. Purnama and S. Silaen, “Sistem Informasi Pemesanan Online Pada Situasi Kafe and Resto,” Fortech, pp. 1–6, 2021.

E. D. Wahyuni, W. A. Kusuma, H. R. Abdillah, and H. Y. Sari, “Perspektif Awam Dalam Implementasi Elisitasi Kebutuhan Menggunakan User Persona,” Sistemasi, vol. 9, no. 3, p. 468, 2020, doi: 10.32520/stmsi.v9i3.854.

I. Zahra and A. Voutama, “Rancangan User Persona Dan Customer Journey Map Sebagai Representasi Kebutuhan Pengguna Media Sosial X Pada Fitur Pencarian,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 8, no. 3, pp. 2686–2691, 2024, doi: 10.36040/jati.v8i3.9531.

Downloads

Published

15-09-2025

How to Cite

[1]
Okti Felina Angreini and Fitriah, “PERANCANGAN INTERFACE APLIKASI INFORMASI RUANG KELAS KOSONG BERBASIS MOBILE DENGAN METODE USER-CENTERED DESIGN (UCD)”, METHODIKA, vol. 11, no. 2, pp. 80–85, Sep. 2025.