ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI MARKETPLACE CINDERAMATA KHAS BATAK BERBASIS ANDROID
DOI:
https://doi.org/10.46880/mtk.v3i1.42Keywords:
Marketplace, Cinderamata Khas Batak, aplikasi android, websiteAbstract
Marketplace online adalah salah satu layanan e-commerce yang menjadi tempat bertemunya antara penjual dan pembeli secara
online untuk melakukan proses transaksi jual beli. Selama ini proses jual beli di beberapa marketplace di Indonesia tidak
dikelola langsung oleh pihak marketplace sehingga mengakibatkan besarnya peluang transaksi menjadi tidak aman. Kelemahan
lainnya sistem tidak dapat menangani pengembalian uang jika ternyata penjual tidak mengirimkan barang yang dipesan oleh
pembeli. Marketplace yang dimaksud diantaranya : Bejubel, Toko Bagus, Berniaga.com dan Pasar Dino. Pada “Aplikasi Jual
Beli Marketplace Online Cinderamata khas Batak” ini sistem mempunyai kemampuan untuk menangani transaksi, dimana
transaksi diawasi langsung oleh pihak marketplace sehingga transaksi bisa lebih terorganisir. Ada beberapa fitur yang dimiliki
oleh aplikasi ini yaitu, untuk pembeli Cinderamata khas Batak: shopping melalui sistem android dan website, multi transaksi,
pengelolaan data transaksi, fasilitas pengiriman barang. Untuk penjual : pengelolaan produk, pengelolaan transaksi, pengiriman
barang. Bagi pihak marketplace : moderasi produk, pengelolaan pendaftaran penjual, pengelolaan transaksi, pengelolaan
pengiriman , pengelolaan keuntungan, pengelolaan halaman web. Proyek akhir ini dibangun menggunakan metode
pengembangan perangkat lunak Waterfall dan UML sebagai alat bantu perancangan sistem. Aplikasi ini diimplementasikan
dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan serta database MySQL serta software pendukung lainnya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2017 Methodika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.