RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI LES PRIVAT BERBASIS WEB PADA LES PRIVAT MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.46880/mtk.v11i1.3680Keywords:
Sistem Informasi, Web, Les Privat, PendidikanAbstract
Les Privat Medan merupakan salah satu usaha kecil yang bergerak di bidang pendidikan yang memberikan les privat, dimana manajemen kegiatan pembelajarannya masih dilakukan secara manual mulai dari proses pendaftaran, pengaksesan paket, bahan belajar dan penyusunan jadwal, proses pembayaran, hingga pemberian maupun penerimaan informasi seperti berita atau pengumuman. Pencatatan data masih direkap dengan menggunakan microsoft excel, sehingga menyebabkan proses menjadi tidak efisien dan rentan terjadinya kesalahan. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, maka dirancang dan dibangun sistem informasi les privat dengan metodologi waterfall, analisis sistem dengan diagram use case, dan pengujian dengan metode black-box. Hasil dari perancangan dan pengembangan ini adalah sistem informasi berbasis web yang mampu menyelesaikan permasalahan yang masih dilakukan secara manual dalam manajemen kegiatan pembelajaran pada Les Privat Medan dengan lebih efisien dan terstruktur.
References
M. Agustin, “Implementasi Teknologi Pendidikan Berbasis Digital dalam Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Siswa: (Studi Kasus pada Startup Bimbingan Belajar dalam Jaringan Ruangguru.Com Di Kota Yogyakarta),” Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Ponorogo, 2020.
N. K. Y. Suartini, I. M. A. Wirawan, and D. G. H. Divayana, “DSS for ‘E-Private’ Using a Combination of AHP and SAW Methods,” IJCCS (Indonesian J. Comput. Cybern. Syst., vol. 13, no. 3, p. 251, 2019, doi: 10.22146/ijccs.46625.
N. Q. A’yun, A. Izzuddin, and N. Hikmah, “Aplikasi Reservasi dan Monitoring Les Privat Berbasis Android (Studi Kasus Jawara Cerdas Private Probolinggo),” SAINTEKBU J. Sains dan Teknol., vol. 12, no. 1, pp. 62–70, 2020.
M. Jannah and A. Amini, “Peran Orang Tua dan Privat dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak di Perum Griya Gandasari Indah Cikarang Barat Bekasi,” el Arafah J. Pendidik. Islam, vol. 2, no. 2, pp. 1–12, 2023.
O. D. Saputri and Rahmawati, “Peran Guru dalam Memberikan Pelajaran Tambahan (Les) bagi Peserta Didik di Luar Jam Pelajaran Sekolah sebagai Wujud Implementasi Pengabdian Kepada Masyarakat,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. Progr. Pascasarj. Univ. PGRI Palembang, vol. 2, pp. 493–504, 2019.
R. G. Kurniawan, “Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Era Covid-19”. Penerbit Lutfi Gilang, 2020.
J. Ambarita, Jarwati, and D. K. Restanti, “Pembelajaran Luring”. Penerbit Adab, 2020.
R. Ferdiana, “Implementasi Blended Learning dengan Microsoft Teams”. Andi Offset, 2022.
Aasinjery, “Pengantar Teknologi Sistem Informasi,” 2020.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Poi Wong Ng, Vanessa Leonora, Filbert, Jerry Johnson, Frans Mikael Sinaga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.