APLIKASI PENCATATAN KAS KECIL (PETTY CASH) BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE WATERFALL

Authors

  • Panny Agustia Rahayuningsih Universitas Bina Sarana Informatika
  • Yulia Universitas Bina Sarana Informatika Kampus Kota Pontianak
  • Rona Universitas Bina Sarana Informatika Kampus Kota Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.46880/mtk.v9i2.2331

Keywords:

Aplikasi, Pretty Cash, Website, Waterfall

Abstract

Sebuah lembaga pemerintahan yang ada di Kota Pontianak adalah Dinas Penanaman Modal, Tenaga Kerja, dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTKPTSP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan petty cash atau kas kecil yang digunakan oleh DPMTKPTSP Kota Pontianak membutuhkan banyak tenaga, waktu yang lama, kesalahan dalam pengolahan data, dan keterlambatan dalam penyampaian laporan penerimaan kas, pengeluaran kas, dan persediaan kas. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada pengembangan aplikasi pencatatan petty cash yang menggunakan model air terjun sebagai model pengembangan perangkat lunak.Proses pengembangan ini terdiri dari analisis, desain, pengkodean, pengujian, dan pendukung. Untuk Bendahara Pengeluaran dan Kasubag Keuangan, sistem ini memberikan fasilitas kepada dua tingkat akses.Aplikasi petty cash ini dibangun dengan bahasa pemrograman preprocessor hypertext, framework codeIgniter, dan basis data MySQL. Diharapkan sistem yang dibuat ini akan membantu DPMTKPTSP Kota Pontianak mengelola transaksi petty cash dan menghasilkan laporan yang diperlukan.

References

Sholikhah, I., Sairan, M., & Syamsiah, N. O. (2017). Aplikasi Pembelian Dan Penjualan Barang Dagang Pada Cv Gemilang Muliatama Cikarang. Jjurnal Teknik Komputer Amik Bsi, volIII(no1), 16–23.

Firmansyah, Y., & Udi. (2018). Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Pembuatan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Habi Sholeh Kabupaten Kubu Raya , Kalimantan Barat. Jurnal Teknologi & Manajemen Informatika, 4(1), 185–191.

Darwis, D., Wahyuni, D., & Dartono, D. (2020). Sistem Informasi Akuntansi Pengolahan Dana Kas Kecil Menggunakan Metode Imprest Pada PT Sinar Sosro Bandarlampung. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 1(1), 15–21.

Sukamto, R. A., & Shalahuddin, M. (2018). Kolaborasi Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Informatika.

Sitohang, H. T. (2018). Sistem Informasi Pengagendaan Surat Berbasis Web Pada Pengadilan Tinggi Medan. 3(1), 6–9.

Nugraha, W., & Syarif, M. (2018). Penerapan Metode Prototype Dalam Perancangan Sistem Informasi Penghitungan Volume Dan Cost Penjualan Minuman Berbasis Website. Jurnal Sistem Informasi Musirawas (JUSIM), 3(2), 94.

Fridayanthie, E. W., Azis, M. A., & Kusumaningrum, A. (2018). Rancang Bangun (Sistem Informasi E-Learning Berbasis Web Pada SMK Daarut Taufiq Tangerang. Swabumi, 6(2), 123–127.

Downloads

Published

10-09-2023

How to Cite

[1]
P. A. Rahayuningsih, Yulia, and Rona, “APLIKASI PENCATATAN KAS KECIL (PETTY CASH) BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE WATERFALL”, METHODIKA, vol. 9, no. 2, pp. 48–54, Sep. 2023.