IMPLEMENTASI ALGORITMA CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK UNTUK MENDETEKSI POLA GERAK TANGAN DALAM PERMAINAN “PONG BALL” DENGAN AI

Authors

  • Salwa Salsabila Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.46880/mtk.v9i2.1995

Keywords:

Convolutional Neural Network, deteksi gerakan tangan, permainan Pong Ball

Abstract

Perkembangan kecerdasan buatan (AI) dalam industri permainan komputer telah menjadi tren yang pesat. Dalam permainan video, AI digunakan untuk meningkatkan pengalaman bermain dengan menyediakan lawan komputer yang cerdas dan responsif. Namun, penggunaan keyboard atau pengontrol untuk mengendalikan permainan "Pong Ball" masih membatasi pengalaman bermain yang realistis. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola gerakan tangan dalam permainan "Pong Ball" menggunakan algoritma Convolutional Neural Network (CNN). Metode penelitian ini melibatkan pengambilan data gerakan tangan melalui kamera dan pengolahan data untuk mengidentifikasi pola gerakan tangan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa algoritma CNN mampu mengenali berbagai pola gerakan tangan dengan tingkat akurasi yang memadai. Namun, pencahayaan yang kurang optimal dapat mempengaruhi kualitas deteksi gerakan tangan dan mengurangi kinerja sistem. Oleh karena itu, penelitian ini menyarankan penelitian lebih lanjut untuk mengatasi masalah pencahayaan dan faktor-faktor lain yang mempengaruhi kualitas deteksi gerakan tangan. Diharapkan penelitian ini dapat mendukung pengembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) di industri permainan.

References

Sani, A., dan Rahmadinni, S. (2022). Deteksi Gestur Tangan berbasis Pengolahan Citra. Jurnal Rekayasa Elektrika.

Trivusi. (2022). Pengertian dan Cara Kerja Algoritma Convolutional Neural Network (CNN). https://www.trivusi.web.id/2022/04/algoritma-cnn.html [Diakses 14 Juni 2022].

Pamungkas, Adi. (2018). Segmentasi Citra. https://pemrogramanmatlab.com/pengolahan-citra- digital/segmentasi-citra/ [Diakses 14 Juni 2022].

Sugiartha, A. R. G. I., Sudarma, M., Widyantara, O. M. I. (2017). Ekstraksi Fitur Warna, Tekstur dan Bentuk untuk Clustered-Based Retrieval of Images (CLUE). Teknologi Elektro.

Hu, Y., & Huang, Y. (2019). Hand Gesture Recognition using Convolutional Neural Network for Robot Control. International Journal of Advanced Computer Science and Applications (IJACSA), 10(7), 261-268..

Fang, Z., & Wu, S. (2021). Hand Gesture Recognition using Convolutional Neural Networks and Recurrent Neural Networks. International Journal of Machine Learning and Computing, 11(3), 329-334.

Hidayat, A., & Kurniawan, A. (2019). Implementasi Convolutional Neural Network (CNN) untuk Klasifikasi Citra Penyakit Kulit. Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JNTETI), 8(2), 118-125.

Azis, R. M., & Wibowo, F. D. (2021). Pengenalan Pola Gerakan Tangan pada Sistem Kontrol Game Menggunakan Algoritma Convolutional Neural Network. Jurnal Ilmiah Informatika, 9(2), 118-126.

Rachmawati, S., & Hariadi, M. (2020). Identifikasi Pola Gerakan Tangan pada Penerjemahan Bahasa Isyarat Menggunakan Convolutional Neural Network. Jurnal Informatika, 9(2), 179-188.

Puspitasari, A., & Pratiwi, D. E. (2022). Deteksi Gerakan Tangan dengan Algoritma Convolutional Neural Network (CNN) untuk Pengendalian Permainan Pong. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 9(1), 33-40.

Downloads

Published

10-09-2023

How to Cite

[1]
Salwa Salsabila, “IMPLEMENTASI ALGORITMA CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK UNTUK MENDETEKSI POLA GERAK TANGAN DALAM PERMAINAN ‘PONG BALL’ DENGAN AI ”, METHODIKA, vol. 9, no. 2, pp. 8–11, Sep. 2023.