SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN BERKELOMPOK DENGAN MENERAPKAN METODE AHP, ARAS DAN BORDA UNTUK PEMILIHAN PONDOK PESANTREN TINGKAT MADRASAH ALIYAH DI KOTA PADANG

Authors

  • Rafiq Mulia Putra Politeknik Negeri Padang
  • Deni Satria Politeknik Negeri Padang
  • Meri Azmi Politeknik Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.46880/mtk.v9i1.1574

Keywords:

SPK, AHP, ARAS, Borda

Abstract

Peran orang tua siswa tidak bisa dikesampingkan dalam keterlibatannya pada pendidikan yang didapat oleh anaknya di luar pendidikan keluarga. Untuk memilih tempat Pendidikan yang layak tersebut tidak semerta-merta hanya anak dapat disekolahkan dimana saja. Disaat aturan penerimaan siswa baru berubah hampir setiap tahunnya dan anak selaku siswa terkendala dengan aturan nilai rapor atau umur atau kuota yang disediakan sekolah yang akan dituju sehingga pondok pesantren merupakan alternatif dari masalah ini. Untuk membantu orang tua dalam mencari pondok pesantren yang mempunyai kriteria pada masing-masing orang tua dibutuhkan sebuah sistem dimana orang tua atau siswa tidak perlu mengunjungi satu per satu pondok pesantren yang akan menjadi pilihannya. Maka dari itu dibutuhkanlah sebuah Sistem Pendukung Keputusan Berkelompok untuk memberikan pilihan pondok pesantren terbaik berdasarkan kriteria yang ditentukan orang tua dengan menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process) untuk mencari nilai pembobotan pada masing-masing kriteria penggunaan metode ARAS (Additive Ratio Assessment)sebagai pemecah masalah dan pencarian alternatif dari nilai bobot yang didapat, dan penggunaan metode Borda sebagai penunjang keputusan kelompok dimana nilai referensinya diambil berdasarkan bobot dari ranking. Hasil akhir yang akan didapatkan berupa perangkingan rekomendasi sekolah berdasarkan nilai dari masing-masing kriteria yang ditentukan oleh pengguna dimana hasil ini dapat dijadikan dasar atau referensi dalam mengambil keputusan bagi orang tua untuk memutuskan pondok pesantren yang menjadi tujuannya.

References

I. Syafe’, U. Islam, N. Raden, and I. Lampung, “PONDOK PESANTREN: LEMBAGA PENDIDIKAN PEMBENTUKAN KARAKTER,” Jurnal Pendidikan Islam, vol. 8, 2017.

E. Turban and Jay E. Aronson, Decision Support Systems and Intelligent Systems, 6th ed. Prentice Hall, 2001.

N. Heri Cahyana and A. Sasmito Aribowo, “Group Decision…(Nur Heri) GROUP DECISION SUPPORT SYSTEM (GDSS) UNTUK MENENTUKAN PRIORITAS PROYEK,” pp. 147–152, 2014.

D. Pawestri and S. Widya Sihwi, “Perbandingan Penggunaan Metode AHP dan SAW untuk Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Paket Layanan Internet,” JURNAL ITSMART, vol. 1, pp. 74–81, 2012.

E. K. Zavadskas and Z. Turskis, “A new additive ratio assessment (ARAS) method in multicriteria decision-making,” Technological and Economic Development of Economy, vol. 16, no. 2, pp. 159–172, 2010, doi: 10.3846/tede.2010.10.

D. Nur Ilham, S. Mulyana, and A. Penempatan Praktek Kerja Lapangan, “Sistem Pendukung Keputusan Kelompok Pemilihan Tempat PKL Mahasiswa dengan Menggunakan Metode AHP dan Borda,” IJCCS, vol. 11, no. 1, pp. 55–66, 2017.

S. Rismanto and M. Akbar, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sekolah Menengah Pertama Swasta Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Studi Kasus Kota Yogyakarta),” vol. 9, no. 1, pp. 36–45, 2021, doi: 10.12928/jstie.v8i3.xxx.

P. Kurnia Putri and I. Mahendra, “IMPLEMENTASI METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH DI KOTA TANGERANG,” Jurnal TEKNOINFO, vol. 13, no. 1, pp. 36–40, 2019.

I. M. Arya Budhi Saputra and R. Wardoyo, “Sistem Pendukung Keputusan Kelompok Penentuan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Topsis dan Borda,” IJCCS, vol. 11, no. 2, pp. 165–176, 2017.

Downloads

Published

10-03-2023

How to Cite

[1]
Rafiq Mulia Putra, Deni Satria, and Meri Azmi, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN BERKELOMPOK DENGAN MENERAPKAN METODE AHP, ARAS DAN BORDA UNTUK PEMILIHAN PONDOK PESANTREN TINGKAT MADRASAH ALIYAH DI KOTA PADANG”, METHODIKA, vol. 9, no. 1, pp. 19–26, Mar. 2023.