PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN KOMPETENSI BAHASA INGGRIS BAGI GURU-GURU DAN STAFF SEKOLAH DASAR SDN 104211
Kata Kunci:
Pelatihan, Pembelajaran, PengamatanAbstrak
Pengabdian pada masyarakat ini bertujuan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris bagi guru-Guru dan staff sekolah dasar SDN 104211. Metode yang diterapkan adalah pemberian materi dan praktek. Pengabdian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitif. Yang bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran pengenalan bahasa Inggris. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dengan alat pengumpul data yaitu panduan wawancara, pedoman observasi, catatam lapangan, dan dokumen. Subjek penelitian yaitu guru-guru dan staff sekolah dasar SDN 104211. Hasil penelitian menunjukkan: (1) dalam perencanaan pembelajaran pengenalan bahasa Inggris terdapat tema, indikator, aktivitas utama, media yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa (2) dalam pelaksanaan, guru melaksanakan pembelajaran pengenalan bahasa Inggris sesuai dengan RPP, (3) faktor pendukung pembelajaran pengenalan bahasa Inggris yaitu ketersediaan media pembelajaran pengenalan bahasa Inggris yang disediakan oleh lembaga dan guru. (4) faktor penghambat dalam pembelajaran pengenalan bahasa Inggris yaitu bahasa Inggris bukan bahasa utama yang digunakan anak-anak sehingga guru harus kreatif dalam mengajar; guru kelas tidak memiliki pengetahuan bahasa Inggris yang cukup; perkembangan anak menjadi pertimbangan agar anak tidak tertekan.





