Pendampingan Belajar Melalui Media Ajar QuizWhizzer Terkait dengan Respons Peserta Didik MTs Negeri Kota Batu

Penulis

  • Syarifah Ainur Natia Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Sitti Nur Alisyah Saputri Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Fitriani Nur Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Rachmah Ratnaningtiyas MTs Negeri Kota Batu
  • Nursalam Nursalam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Kata Kunci:

Pendampingan Belajar, QuizWhizzer, Respon Peserta Didik, Media Pembelajaran, Pengabdian Kepada Masyarakat

Abstrak

Pendidikan merupakan elemen fundamental dalam mengembangkan potensi individu, terutama di era Society 5.0 yang ditandai oleh kemajuan teknologi informasi. Motivasi belajar peserta didik kelas VIII C di MTs Negeri Kota Batu cenderung rendah, yang disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional yang kurang variatif. Penggunaan media ajar yang monoton, seperti WordWall yang digunakan secara berulang, membuat peserta didik merasa bosan dan kurang terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, media pembelajaran interaktif seperti QuizWhizzer diusulkan sebagai solusi inovatif untuk meningkatkan variasi metode pembelajaran dan merangsang minat belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pendampingan belajar melalui media ajar QuizWhizzer terkait dengan respons peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendampingan belajar, yang terdiri dari tiga tahap: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan QuizWhizzer dalam pendampingan belajar berhasil meningkatkan respons positif peserta didik sebesar 80%, yang mencerminkan peningkatan partisipasi dan motivasi belajar. Dengan demikian, QuizWhizzer direkomendasikan sebagai media ajar yang efektif dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih menarik dan partisipatif.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-31

Terbitan

Bagian

Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat METHABDI