Pacu Ekonomi Kreatif dan Pembuatan Sabun Cair di Pusat Informasi & Konseling (PIK) Remaja Share SMP Negeri 7 Medan

Penulis

  • Dianty Putri Purba Universitas Prima Indonesia
  • Dina Rosmaneliana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PMCI
  • Rebecca Evadine Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PMCI
  • Dumariani Silalahi Universitas Mandiri Bina Prestasi
  • Achiruddin Siregar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PMCI

Kata Kunci:

Ekonomi Kreatif, Pembuatan Sabun Cair, Pendapatan

Abstrak

Ekonomi kreatif telah berkembang di Indonesia sejak maraknya era digital. Hal tersebut yang banyak digunakan oleh orang sebagai peluang mendapatkan penghasilan yang lebih seperti membuat konten atau berjualan melalui media sosial. Kegiatan ekonomi kreatif disekolah dapat menjadi hal yang bisa dipertimbangkan untuk membantu dalam menjembatani masa depan anak- anak remaja  saat ini. Anak-Anak Remaja harus mengetahui potensi yang ada didirinya dan menggali potensi tersebut sehingga dapat dikembangkan melalui kreativitas. Terdapat beberapa kendala ekonomi kreatif pada Anak-Anak Remaja SMP Negeri 7 Medan adalah belum memahami tentang ekonomi kreatif dan masih kurangnya ketrampilan. Kegiatan pelatihan dilakukan dengan memberikan ceramah tentang ekonomi kreatif dan selanjutnya memberikan praktek pembuatan sabun cair. Kegiatan yang dilakukan bertujuan untuk menambah pengetahuan dan ketrampilan Anak-Anak Remaja SMP Negeri 7 Medan. Dengan adanya kegiatan pelatihan ini, Anak-Anak Remaja SMP Negeri 7 Medan makin bertambah pengetahuannya mengenai Ekonomi Kreatif dan ketrampilan pembuatan sabun cair. Semua peserta pelatihan sudah mampu mempraktekkan pembuatan sabun cair dengan baik dan siap untuk dipasarkan sehingga menambah pendapatan dan membantu perekonomian keluarga.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30

Terbitan

Bagian

Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat METHABDI