Pendampingan Lokakarya Penguatan Literasi pada Program Sekolah Penggerak Tahun Ketiga di Kabupaten Soppeng

Penulis

  • Rahma Ashari Hamzah Universitas Islam Makassar

Kata Kunci:

Penguatan Literasi, Program Sekolah Penggerak

Abstrak

Penguatan literasi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk menguatkan keterampilan seseorang dalam memahami, mengenali, menafsirkan, mengevaluasi, merefleksikan, berbagai jenis teks maupun simbol visual, auditori, dan digital untuk memecahkan permasalahan dan meningkatkan kapasitas individu agar bisa berkontribusi di lingkungan masyarakat. Tujuan pendampingan penguatan literasi ini adalah seluruh peserta mampu memahami konsep literasi, mampu menemukenali miskonsepsi literasi, mampu merancang asesmen awal pembelajaran untuk memetakan kemampuan literasi siswa, dan mampu merancang strategi sekolah untuk menguatkan kecakapan literasi murid. Metode yang digunakan yaitu partisipatif seluruh komite pembelajaran diantaranya kepala sekolah, pengawas sekolah, dan 2 orang perwakilan guru setiap sekolah yaitu terdiri dari 4 jenjang sekolah dasar yaitu SDN 118 Ujung, SDN 100 Dare Bunga-Bungae, SDN 5 Mattiropole, dan SDN 238 Laempa yang berada di Kabupaten Soppeng yang dlaksanakan pada hari Selasa 30 Januari 2024 dengan melibatkan peserta secara aktif. Hasil akhir dari kegiatan lokakarya penguatan literasi ini berupa produk rancangan asesmen awal pembelajaran untuk memetakan kemampuan literasi siswa dan rancangan strategi sekolah untuk menguatkan kecakapan literasi murid. Dengan demikian, pendampingan lokakarya penguatan literasi ini dapat memberikan dampak positif bagi sekolah khususnya di jenjang SD pada Program Sekolah Penggerak dimana dapat mendukung guru dan sekolah dalam menerapkan penguatan literasi di sekolah.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30

Terbitan

Bagian

Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat METHABDI