PELAKSANAAN PROGRAM LITERASI, NUMERASI DAN ADAPTASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN ADMINISTRASI KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 4 DI SMP MUHAMMADIYAH 57 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.46880/methabdi.Vol3No1.pp77-83Kata Kunci:
Kampus Mengajar, Meningkatkan Literasi, Numerasi dan TeknologiAbstrak
Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) adalah salah satu program yang diselenggarakan oleh Kemdikbud. Program Kampus Mengajar merupakan salah satu program dalam Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang memiliki tujuan untuk mengajar, serta meningkatkan literasi numerasi, membantu teknologi, dan membantu administrasi sekolah dan guru disekolah sasaran. Salah satu sekolah yang menjadi sasaran dari program Kampus Mengajar Angkatan 4 ini adalah SMP Muhammadiyah 57 Medan yang terletak di Jl. Mustafa, Kecamatan Glugur Darat I, Kabupaten Medan Timur, Provinsi Sumatera Utara. Pada program Kampus Mengajar ini, Dosen dan mahasiswa yang ditunjuk untuk mengikuti program memiliki tanggung jawab dalam membantu pihak sekolah dalam proses mengajar, membantu adaptasi terhadap teknologi, dan membantu administrasi sekolah. Selain itu, dosen dan mahasiswa Kampus Mengajar memiliki tanggung jawab dalam memperbaiki karakter siswa dan meningkatkan minat belajar siswa setelah masa pandemi ini. Tujuan dari keikutsertaan mahasiswa dalam program Kampus Mengajar ini merupakan sebuah proses dalam menambah relasi, menambah pengalaman di luar dunia perkuliahan, mengembangkan wawasan, karakter dan soft skills mahasiswa, mendorong dan memacu pembangunan nasional dengan menumbuhkan motivasi siswa untuk berpartisipasi dalam pembangunan, serta meningkatkan peran dan kontribusi nyata perguruan tinggi dan mahasiswa dalam pembangunan pendidikan di Indonesia.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Duma Megaria Elisabeth, Nurul Hasanah, Nurul Latiefah Maharani, Nurul Sapitri, Offiani Manalu, Paschloudya Br. Ginting
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.