PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN KUALITAS KANTOR AKUNTAN PUBLIK TERHADAP INTEGRITAS LAPORAN KEUANGAN STUDI KASUS PADA PERUSAHAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Septony B. Siahaan Universitas Methodist Indonesia

Keywords:

Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Komite Audit, Komisaris Independen, Kualitas KAP, Ukuran Perusahaan (Firm Size)

Abstract

Penelitian ini pada dasarnya bertujuan untuk menguji pengaruh kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, komite audit, komisaris independen, kualitas KAP, ukuran perusahaan tehadap integritas laporan keuangan baik secara parsial maupun secara bersama-sama. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data studi dokumentasi, yaitu studi pengumpulan data dengan mempelajari catatan dan dokumen-dokumen perusahaan baik dalam bentuk dokumen maupun petunjuk- petunjuk guna mendapatkan data yang diperlukan. Data yang diperlukan dalam peneltian ini berupa laporan keuangan perusahaan manufaktur yang dipublikasikan oleh Bursa Efek Indoensia melalui situs www.idx.co.id. Hasil dari penelitian ini menunjukkan secara parsial atau masing-masing komite audit berpengaruh positif dan signifikan terhadap integritas laporan keuangan. Namun kepemilikan institusional, kepemilikan manajaerial, komisaris independen, kualitas KAP, ukuran perusahaan secara parsial tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap integritas laporan keuangan. Dalam penelitian ini terjadi hubungan yang rendah antara variabel independen dan variabel dependen. Namun secara keseluruhan kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, komite audit, komisaris independen, kualitas KAP, ukuran perusahan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap integritas laporan keuangan.

Published

2017-10-31

Issue

Section

METHOSIKA: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Methodist