EFEKTIVITAS DAN KONTRIBUSI PAJAK REKLAME TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DI DINAS PENDAPATAN DAERAH KOTA MEDAN

Authors

  • Sahala Purba Universitas Methodist Indonesia

Keywords:

Efektivitas, Kontribusi, Pendapatan Asli Daerah

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui efekivitas penerimaan pajak reklame terhadap pendapan asli daerah kota Medan tahun 2013-2015 dan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi pajak reklame terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Medan pada tahun 2013- 2015. Penelitian menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan adalah teknik observasi, wawancara, dokementasi, dan pustaka. Teknik analisa data adalah merangkum data, penyajian data, menganalisa data, dan kesimpulan awal yang bersifat sementara. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan tingkat efektivitas tahun 2013-2015 yang dicapai setiap tahun selalu menurun dan kurang dari 60%, yakni 33,76% untuk tahun 2013; 29,93% untuk tahun 2014; dan 18,38% untuk tahun 2015. Rata-rata efektivitas penerimaan pajak reklame terhadap PAD selama 3 tahun yaitu 26,69% atau dapat dikategorikan “tidak efektif”. Kontribusi pajak reklame terhadap Pendapatan Asli Daerah pada tahun 2013 sampai dengan tahun 2015 selalu menurun yaitu 2,64% pada tahun 2013, 2,01% pada tahun 2014, dan 1,45% pada tahun 2015. Rata-rata kontribusi pajak reklame terhadap PAD selama 3 tahun yaitu 2,01% atau dapat dikaegorikan “cukup baik”.

Published

2017-10-31

Issue

Section

METHOSIKA: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Methodist