PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN FIRM SIZE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITY SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Authors

  • Vivi Apriliyanti Universitas Trisakti

Keywords:

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Tata Kelola Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Nilai Perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah profitabilitas memoderasi tanggung jawab social perusahaan (CSR), tata kelola perusahaan (GCG) dan Ukuran perusahaan (Firm Size) terhadap nilai perusahaan (Tobins‟Q) pada perusahaan yang konsisten terdaftar di BEI dan konsisten mengikuti penilaian CGPI oleh majalah SWA. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 27 perusahaan selama tahun 2014-2016. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis regresi berganda dan pengujian hipotesis menggunakan SPSS versi 23. Berdasarkan hasil uji kelayakan model menunjukkan hasil bahwa model regresi layak dan dapat digunakan untuk analisis selanjutnya. Dalam penelitian ini pengukuran variabel CSR menggunakan Corporate Social Responsibility Indeks (CSRI), variabel GCG menggunakan score dari CGPI, variabel ukuran perusahaan menggunakan Ln dari total asset, variabel profitabilitas diukur dengan ROA dan nilai perusahaan diukur dengan proxy Tobins‟Q. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa variabel ROA terbukti memoderasi variabel CSR terhadap nilai perusahaan dengan nilai beta negatif. Sedangkan variabel CSR, GCG, SIZE tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Variabel moderasi ROA tidak terbukti memoderasi GCG dan SIZE terhadap nilai perusahaan.

Published

2018-10-31

Issue

Section

METHOSIKA: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Methodist