PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, DAN PROFITABILITASTERHADAP AGRESIVITAS PAJAK PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2015-2018

Authors

  • Thomas Sumarsan Goh Universitas Methodist Indonesia
  • Jatongan Nainggolan Universitas Methodist Indonesia
  • Edison Sagala Universitas Negeri Medan

Keywords:

Agresivitas Pajak, Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk menguji dan menganalisis bagaimana pengaruh corporate social responsibility, ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas terhadap agresivitas pajak. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode tahun 2015-2018. Jenis data yang dipakai dalam penelitian ini yaitu data sekunder. Data penelitian bersumber dari laporan tahunan (annual report) perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dalam penentuan sampel. Dari 42 perusahaan yang menjadi populasi dalam penelitian ini yang memenuhi kriteria hanya 16 perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa corporate social responsibility dan profitabilitas (return on assets)berpengaruh terhadap agresivitas pajak, tetapi ukuran perusahaan dan leverage tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak. Secara simultan corporate social responsibility, ukuran perusahaan, leverage, dan return on assets berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak. Hasil penelitian ini menunjukkan corporate social responsibility, ukuran perusahaan, leverage dan return on assets hanya 34,9% mempengaruhi agresivitas pajak dan sisanya 65,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Published

2019-10-31

Issue

Section

METHOSIKA: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Methodist