TAHAPAN DALAM USULAN PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA UMKM SEBAGAI SALAH SATU DAYA UNGKIT STRATEGI BISNIS

Studi Kasus UMKM Tuntungan, Desa Baru dan Kota Medan

Authors

  • Rintan Saragih Universitas Methodist Indonesia
  • Dimita H. P. Purba Universitas Methodist Indonesia
  • Duma Megaria Elisabeth Universitas Methodist Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46880/jsika.Vol4No1.pp66-77

Keywords:

UMKM, Sistem Informasi Akuntansi, Triangulasi, Bisnis Strategi, Fishbone

Abstract

Penelitian ini merupakan lanjutan dari penelitian sebelumnya yaitu penelusuran terhadap lambannya perkembangan UMKM yang disajikan dalam bentuk fish bone diagram. Selanjutnya penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dan bersifat pespectif emic dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk memberikan solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh responden UMKM terkait dengan pencatatan transaksi keuangan. Lokasi responden UMKM berada di Desa Baru, Tuntungan dan kota Medan. Teknik pengumpulan data menggunakan trianggulasi yang terdiri dari observasi partisipatif, wawancara mendalam/Focus Group Discussion (FGD) dan dokumentasi terhadap responden UMKM. Dalam penentuan responden digunkan metode purposive sampling.

Hasil penelitian ditampilkan dalam beberapa data display berupa diagram. Responden dikeompokkan menjadi dua kelompok yaitu (A) responden UMKM yang telah melakukan pencatatan sederhana/manual namun belum ada pemisahan pencatatan keuangan antara binis dan rumah tangga; (B) responden UMKM telah melakukan pencatatan dan telah melakukan pemisahan pencatatan keuangan antara binis dan rumah tangga secara sederhana/manual. Action plan yang disarankan dalam penelitian ini adalah memberikan pelatihan SDM Sistem Informasi Akuntansi yang dilakukan dalam bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan selanjutnya melakukan pendampingan dalam penerapan/impementasi Sistem Informasi Akuntansi bagi responden UMKM. Sehingga dapat membantu responden UMKM dalam mengakses sumber ekonomi dan sekaligus sebagai daya ungkit strategi bisnis.

Published

2020-10-31

Issue

Section

METHOSIKA: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Methodist