PENGARUH HARGA, BRAND IMAGE DAN PERSONAL BRANDING TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI UNIT RUMAH DI KOMPLEKS ROYAL SUMATERA

Authors

  • August Halomoan Siregar Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis (STMB) SMART

DOI:

https://doi.org/10.46880/jsika.Vol4No2.pp93-102

Keywords:

Harga, Brand Image, Personal Branding, Keputusan Membeli

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh harga jual unit rumah, brand image dari lokasi perumahan maupun pengembangdan personal branding dari tenaga Sales terhadap keputusan konsumen membeli unit rumah di Kompleks Royal Sumatera yang merupakan Residensial & Golf Course terbesar dan terkenal di Kota Medan serta di Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini bersifat penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Teknik pengambilan sampel yaitu incidental sampling terhadap 50 responden. Pengolahan data menggunakan SPSS versi 24untuk analisis regresi linear berganda.

Berdasarkan penelitian diperoleh persamaan regressi linear Y = 2,435 +0,142X1+0,105 X2+0,321X3dan hal ini menunjukkan Harga, Brand Image serta Personal Branding memberikan dampak yang positif terhadap keputusan konsumen dalam membeli unit rumah di Kompleks Royal Sumatera.

Secara parsial Harga memiliki sig 0,014 <α(0,05) serta t-hitung 3,566 > t-tabel (2,013) sehingga dikatakan variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membeli. Secara parsial Brand Image memiliki sig 0,013<α (0,05) serta t-hitung 2,365 > t-tabel (2,013) sehingga dikatakan variabel Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membeli. Secara parsial Personal Branding memiliki sig 0,001<(α) 0,05 serta t-hitung 5,012 > t-tabel (2,013) sehingga dikatakan variabel Personal Branding berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membeli. Berdasarkan penelitian ini juga diketahui bahwa secara bersama- sama variabel Harga, Brand Image, dan Personal Branding memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan membeli dimana sig 0,000 < (α) 0,05 dan F-hitung 9,372 > F-tabel (2,81).

Published

2021-04-30

Issue

Section

METHOSIKA: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Methodist